2 Prodi Baru Sarjana Terapan di UNS Diperkenalkan

JAKARTA – Unit Pelaksana Teknik (UPT) Seleksi Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar diskusi dan sambutan terkait pengenalan program pendidikan baru UNS. Wawancara sekaligus sapaan ini disiarkan langsung melalui Instagram @spmbuns pada Jumat (24/05/2024).

Pada kegiatan ini UPT SPMB memberikan gambaran dan informasi mengenai Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur dan D4 Mandarin Komunikasi Bisnis dan Profesi. Acara ini juga merupakan langkah menuju pengenalan dua prodi baru seiring dengan proses penerimaan mahasiswa baru tahun 2024.

Acara ini dipimpin oleh Azriela Kesia Agusta Putri yang merupakan mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis SV 2022 dan dihadiri langsung oleh ketua program studi D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur Hammar Ilham Akbar dan ketua D4 Mandarin. Kursus bahasa Komunikasi Bisnis dan Profesional, Kristina Indah.

Program Studi D4 Mengembangkan Teknologi Rekayasa

Direktur Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur, Hammar Ilham Akbar menjelaskan, tujuan dibukanya program baru ini adalah untuk menyempurnakan kurikulum agar mengikuti tren saat ini dan kebutuhan pasar. Dengan program studi ini mahasiswa akan dibekali dengan keterampilan komprehensif di bidang seni kreatif.

Hammar juga menjelaskan bahwa program studi D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur mendapat persetujuan baik dari LAM Engineering.

“Program studi D4 Teknologi Rekayasa Produksi sendiri mencakup dasar-dasar sebagai program studi teknik mesin pada semester 1 dan 2, namun kami tekankan agar mahasiswa memahami proses produksinya. ,” ujarnya, Senin (27/05/2024).

Hammar menambahkan, UNS merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki peralatan pemindaian 3D berstandar industri. “Kami juga mempunyai mesin-mesin CNC milling yang umum ditemukan di industri, sehingga teman-teman lulusan tidak perlu khawatir karena peralatan yang ada di lab kami dekat dengan mesin-mesin yang tersedia di industri,” imbuhnya.

Hammar juga menjelaskan bahwa D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur merupakan program studi yang mengajarkan dasar-dasar permesinan, perancangan, perhitungan, penerapan dan pengendalian mutu proses manufaktur. Agar siswa mampu naik turunnya proses proses kreatif. Sertifikat nasional dan internasional juga tersedia bagi siswa, yang dapat berguna di masa depan.

“Kami bekerja sama dan bekerja sama dengan perusahaan lokal dan asing. Peluang kerja di dalam atau luar negeri sangat besar, karena banyak juga alumni yang diterima di sana. “Prodi juga memberikan waktu belajar selama tiga semester, agar mahasiswa mempunyai matematika dan tidak malas dalam menyelesaikan studinya,” ujarnya.

D4 Mandarin untuk komunikasi bisnis dan profesional

Program pembelajaran D4 Bahasa Mandarin untuk komunikasi bisnis dan profesional merupakan adaptasi dari program pembelajaran D3 Bahasa Mandarin. Tujuan penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan nilai dan kemampuan serta fokus pada jumlah lulusan dunia usaha dan industri.

Manajer Program Studi D4 Mandarin Bisnis dan Komunikasi Profesional Kristina Indah menjelaskan, program studi ini 70% fokusnya pada penindakan langsung melalui studi industri atau magang, sehingga sangat berbeda dengan program studi buku.

“Kami akan membekali mahasiswa dengan bahasa Mandarin untuk komunikasi sehari-hari, yang akan kami kembangkan dalam komunikasi bisnis dan industri. Program magang industri juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan ekspresi khusus dunia industri. Mahasiswa juga dibekali dengan langkah-langkah terkait penerjemahan, pada keahlian manajemen puncak dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan mandarin. “Oleh karena itu, setelah lulus di program ini mereka bisa menduduki berbagai posisi di perusahaan,” jelas Kristina.

Kristina menambahkan, Program Studi Komunikasi Bisnis dan Profesional D4 Mandarin bekerjasama dengan banyak perusahaan PMA dari China dan Taiwan sehingga memberikan kesempatan kerja terbaik bagi lulusan di perusahaan tersebut.

Dijelaskannya juga, program studi D4 Bahasa Mandarin untuk komunikasi bisnis dan profesi telah disetujui oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *