Penyebab Israel di Ambang Dicoret FIFA dari Daftar Keanggotaan: Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade Paris 2024?

Alasan Israel berisiko dikeluarkan dari daftar keanggotaan FIFA telah terungkap. Lantas apakah Timnas U23 Indonesia lolos ke Olimpiade Paris 2024?

Ada seruan agar FIFA segera mencabut keanggotaan Israel (IFA). Penyebabnya tak lain adalah serangan terus menerus terhadap Palestina, khususnya wilayah Gaza, sejak Oktober 2023.

FIFA dinilai menerapkan standar ganda. Pasalnya, Rusia yang melakukan invasi militer ke Ukraina langsung dikenakan sanksi pembekuan mulai Februari 2022.

Federasi Sepak Bola Palestina (PFA) meminta anggota FIFA melakukan pemungutan suara untuk memutuskan keanggotaan IFA. Namun Presiden FIFA Gianni Infantino menyatakan Dewan FIFA hanya bisa mengambil keputusan setelah adanya penilaian hukum.

Dihimpun dari berbagai sumber, FIFA akhirnya mempertimbangkan usulan tersebut. Mereka akan menggelar pertemuan darurat khusus membahas keanggotaan sepak bola Israel pada 20 Juni 2024.

Menariknya, situasi tersebut bisa berdampak pada keikutsertaan timnas U23 Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Jika Israel dihukum, otomatis mereka dilarang mengikuti ajang yang disponsori FIFA.

Olimpiade sendiri merupakan domain dari IOC (International Olympic Committee). Namun klasifikasi menjadi tanggung jawab masing-masing federasi olahraga, dalam hal ini FIFA untuk sepak bola.

Oleh karena itu, partisipasi Israel di Final Eropa U-21 2023 dapat dianggap batal demi hukum. Tentu saja akan ada penampilan di Olimpiade Paris 2024.

Tidak ada aturan sah yang mengatur apakah tempat yang diperuntukkan bagi Timnas Israel U-23 diberikan kepada Timnas Indonesia U-23. Namun, mengingat tempat terakhir sudah diperebutkan melalui babak playoff, kemungkinan Garuda Muda merebut tempat Israel sangat besar.

Patut ditunggu untuk melihat bagaimana pertemuan FIFA berlangsung dan apa keputusan akhir yang akan diambil. Semoga ada kabar baik untuk timnas U23 Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *