Telan Biaya Rp24 Miliar Terbang ke AS, Presiden Kenya Klaim Jet Pribadi Lebih Murah Dibanding Maskapai Nasional

QUENYA – Presiden Kenya William Ruto mendapat kecaman setelah dia mengatakan jet pribadi yang digunakannya untuk terbang ke Amerika Serikat pekan lalu lebih murah dibandingkan menggunakan maskapai nasional.

Namun dia tidak menyebutkan berapa harga pesawat tersebut atau berapa biaya yang harus dikeluarkan Kenya Airways.

Ruto berangkat ke Amerika Serikat dalam kunjungan resmi kenegaraan selama tiga hari. Ini adalah kunjungan pertama seorang pemimpin Afrika dalam lebih dari 15 tahun.

Pada masa pemerintahannya, Kenya mendapatkan sejumlah kesepakatan investasi senilai miliaran dolar.

Negara ini juga telah ditunjuk oleh AS sebagai sekutu utama non-NATO, sehingga memperkuat posisinya sebagai salah satu mitra keamanan terdekat AS di Afrika.

Namun penggunaan pesawat mewah dalam perjalanan ke Amerika. terus menuai kritik, mendorong presiden untuk mengambil tindakan.

Pada Minggu (26/5/2024), sehari setelah kembali ke negaranya, Ruto membela diri sebagai pengelola sumber daya publik.

“Sejalan dengan tekad saya untuk hidup sesuai kemampuan kami dan bahwa saya harus berkendara dari depan untuk melakukannya, bepergian dengan [Kenya Airways] akan lebih murah,” katanya di X (ex Twitter).

Menghitung total biaya tiket kelas bisnis presiden dan delegasinya, media lokal memberitakan biayanya jauh lebih murah dibandingkan menyewa pesawat.

Presiden menggunakan perusahaan RoyalJet Dubai untuk melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, dengan rombongan sekitar 30 orang.

Menyewa pesawat semacam itu menelan biaya $1,5 juta (R24 miliar) dibandingkan dengan perkiraan $300.000 untuk tiket kelas bisnis di Kenya Airways untuk seluruh delegasi.

Namun Ruto mengatakan kepada stasiun televisi AS Voice Of America (VOA) akhir pekan lalu bahwa perkiraan biaya perjalanannya terlalu dilebih-lebihkan.

Dia tidak menjawab pertanyaan langsung berapa biayanya, namun mengatakan angka yang dibicarakan itu konyol.

“Saya berhati-hati dengan sumber daya yang saya keluarkan,” tambahnya.

Kenya Airways tidak mengomentari biayanya. Namun dia menolak klaim palsu yang beredar luas yang menyatakan bahwa menggunakan maskapai ini akan lebih murah bagi presiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *