Ingin Jualan Laris Manis? Ini 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Bazar

Pelaku usaha lokal khususnya UMKM perlu beradaptasi dengan menerapkan berbagai strategi agar penjualan terus tumbuh. Mulailah menggunakan platform penjualan online untuk berpartisipasi dalam aktivitas pemasaran guna meningkatkan kesadaran dan meningkatkan basis pelanggan.

Salah satu UMKM yang sering mengikuti pasar adalah Kopi Sakha. Mereka rutin mengikuti berbagai pasar offline bertema kopi untuk meningkatkan awareness bisnis dan menjangkau pelanggan baru.

“Setelah kegiatan pasar selesai, kami arahkan pembeli untuk membeli secara online. “Bagi kami, tujuan bazaar adalah untuk meningkatkan kesadaran, sedangkan belanja masih dilakukan secara online,” kata Ghazi Mohammad, kepala pengembangan kreatif dan komersial Sakha Coffee.

Tentu saja bukan sekedar pasar saja, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk. Berdasarkan siaran pers Tokopedia yang diperoleh newfictionwriters.com, Jumat (24/5/2024), berikut lima cara meningkatkan penjualan di pasar.

1. Ikuti kampanye di platform online dengan Market Moment

Umumnya konsumen yang mengunjungi stand pasar sering bertanya di mana mereka bisa membeli lagi ketika pasar sudah usai. Pelaku usaha dapat memanfaatkan serangkaian kampanye yang diselenggarakan untuk menarik perhatian pembeli di pasar offline.

2. Carilah informasi produk makanan dan minuman apa saja yang sedang laris dijual di pasaran

Cari tahu tren produk yang sedang diminati masyarakat. Kondisi ini memungkinkan para pelaku usaha untuk mengidentifikasi produk-produk terlaris yang ada sehingga UMKM dapat berinovasi dengan produk-produk baru yang menarik minat konsumen dan membuat mereka tetap tertarik saat berbelanja di pasar.

3. Ciptakan konsep dan taktik booth yang menarik untuk menarik pelanggan agar singgah

Selain dekorasi kabin yang menarik, juga menciptakan aktivitas tambahan yang bisa dilakukan pengguna di dalam kabin. Mulai dari pembuatan game interaktif, pembagian kepada yang menguji, atau bahkan bisa memberikan promo khusus.

Selain pembelian, pembeli juga dipengaruhi oleh pengalaman unik ini, yang dapat meningkatkan kesadaran merek dan menjadikan mereka pelanggan setia.

“Saat mengikuti pasar, kami membuat gimmick agar ada kegiatan yang menarik di booth tersebut. Dekorasi booth harus berbeda dengan booth lainnya, agar konsumen langsung tertarik untuk mengunjungi booth kami. Gazi berkata, “Tentu saja itu ada yang spesial. Diskon kami berikan kepada pembeli di pasar, tidak hanya itu, permainan yang kami sediakan di booth juga disesuaikan dengan target pasar, mulai dari permainan interaktif untuk yang beruntung hingga sepeda,” kata Ghazi.

4. Hitung anggaran pasar agar persiapannya lebih matang

Setelah menetapkan konsep booth, penghitungan anggaran pasar merupakan langkah penting untuk memastikan persiapan yang matang dan sesuai tujuan. Buatlah daftar barang-barang yang Anda butuhkan di pasar. Mengalokasikan dana dalam jumlah tertentu agar partisipasi pasar optimal.

5. Mempromosikan toko online agar pembeli kembali melakukan pembelian aftermarket

Mengingat durasi kegiatan pasar cukup terbatas, jangan lupa untuk memberikan informasi atau memberikan brosur alamat toko online agar pembeli dapat terus membeli di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *