Peringati Pelatih Baru Barcelona, Xavi Hernandez: Ini Klub Sulit dengan Situasi Keuangan yang Buruk

Sevilla – Javi Hernandez resmi meninggalkan Barcelona. Sebagai sosok yang sangat familiar dengan tim berjuluk Blaugrana, Xavi pun mewanti-wanti pelatih baru Barcelona itu agar siap menghadapi tantangan apa pun yang ada di depan.

Sebab menurut Xavi, menjadi pelatih Barcelona tidaklah mudah, karena baginya Blaugrana adalah klub yang sulit, karena kemenangan adalah hasil yang patut mereka dapatkan. Selain itu, alasan sulitnya bertarung dengan Barcelona juga karena alasan finansial.

Xavi Hernandez diketahui meninggalkan Barcelona. Laga terakhir Xavi menangani Barcelona adalah kemenangan Barcelona atas Sevilla di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan Sevilla, Senin (27/5/2024) pada pekan ke-38 La Liga 2023-2024.

Pelatih berusia 44 tahun itu mengundurkan diri menyusul keputusan manajemen yang memecatnya. Mantan gelandang Barcelona itu pun memberikan saran mengenai penggantinya di masa depan.

Xavi mengatakan pelatih baru Barcelona harus memiliki mental yang kuat karena Barcelona sedang menghadapi masalah keuangan. Menurutnya, pelatih baru harus membiasakan kesabaran dalam situasi sulit ini.

“Barcelona adalah klub yang sulit, tetapi juga karena situasi keuangan yang buruk, terutama karena aturan financial fair play (La Liga), mereka harus tahu bahwa ini adalah situasi yang sulit,” kata Xavi, kepada ESPN, Senin (Senin). 27/5/2024).

“Itu tidak akan pernah mudah. ​​Mereka akan menderita dan mereka memerlukan kesabaran karena ini adalah pekerjaan yang sangat sulit. Satu-satunya hal yang bisa menyelamatkan mereka, bahkan jika mereka (sebelumnya) adalah anggota klub adalah ini,” lanjutnya.

Xavi mengatakan, saat menjadi pelatih kepala Barcelona, ​​​​dia menghadapi ekspektasi yang tinggi. Apalagi dia merupakan bagian legendaris dari klub Catalan tersebut. Javi tak memungkiri situasi kian pelik.

Xavi berkata: “Saya dipandang melalui kaca pembesar dan tingkat ekspektasi tertentu meningkat karena saya adalah bagian dari bagian terbaik dari era Barca yang bermain bersama saya.”

Semasa karier kepelatihannya, Xavi membawa Barcelona juara Liga Spanyol 2022-2023 dan Piala Super Spanyol 2022-2023. Belum jelas di mana Xavi akan mendarat selanjutnya.

Sementara itu, calon kuat pelatih Barcelona berikutnya kini sudah bisa diidentifikasi. Mantan ahli taktik “Bayern Munich” Hansi Flick telah setuju untuk menjadi pelatih kepala “Blaugrana” mulai musim depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *