5 Tokoh Dunia yang Pasang Status All Eyes on Rafah

JAKARTA – Pasca serangan tentara Israel di kota Rafah, Gaza yang menewaskan sedikitnya 45 orang, sebuah gambar bertautan “Semua mata tertuju pada Rafah” tersebar di media sosial.

Menurut Al Jazeera, gambar tersebut kerap ditampilkan di media sosial Instagram, khususnya melalui Instagram Stories yang dibagikan ulang oleh lebih dari 46 juta Instagram Stories pada Senin (27/05/2024). “All Eyes on Rafah” merupakan film yang diproduksi oleh AI untuk menarik perhatian terhadap situasi di Rafah.

Orang pertama yang diyakini menciptakan slogan tersebut adalah Richard Peeperkorn, perwakilan WHO untuk Gaza dan Tepi Barat. Februari lalu, ketika Israel memutuskan untuk memulai operasi di Rafah, Peeperkorn menanggapinya dengan menyatakan bahwa semua mata tertuju pada serangan yang akan datang ke Rafah.

Hal ini dibenarkan oleh Ameera Kawash, seniman dan peneliti Palestina-Irak-Amerika yang mengatakan slogan “Semua mata tertuju pada Rafah” sepertinya berasal dari pernyataan Peeperkorn.

Banyak orang membagikan tag “Semua mata tertuju pada Rafah” di akun Instagram mereka menggunakan fitur “Tambahkan Milik Anda”. Orang-orang yang mempublikasikan kampanye ini termasuk tokoh-tokoh dunia sebagai wujud dukungan terhadap Palestina di kota Rafah. Berikut lima orang dunia yang turut mempertimbangkan situasi “Semua mata tertuju pada Rafah”, seperti dirangkum Okezone, Jumat (31/5/2024):

1. Dua Lipa

Dua Lipa, penyanyi asal Inggris, menunjukkan dukungannya terhadap Palestina di Rafah melalui Instagram Stories. Menurut NDTV, Dua Lipa memposting foto dengan tagar #AllEyesOn Rafah.

“Pembakaran anak-anak tidak bisa dibenarkan. “Seluruh dunia bergerak untuk menghentikan genosida Israel, tolong tunjukkan solidaritas Anda terhadap Gaza,” tulis Dua Lipa di akun Instagram-nya.

2.Bella Hadid

Bella Hadid merupakan model asal Palestina yang kerap menunjukkan dukungannya terhadap Palestina melalui media sosialnya. Selain memposting template “Semua Mata Tertuju Rafah”, ia sebelumnya juga memposting postingan di Instagram tentang penderitaan penduduk Palestina dan protesnya terhadap ketidaksenangan para pejabat negara di seluruh dunia terhadap negara Palestina.

3.Alia Bhatt

Alia Bhatt adalah aktris Bollywood yang membagikan postingan di Instagram Stories miliknya sebagai bentuk dukungan terhadap penduduk Palestina. Kampanye Alia membahas bagaimana semua anak, termasuk anak-anak Palestina, berhak atas perdamaian, kemakmuran, dan cinta. Ingatlah bahwa banyak korban perang antara Israel dan Hamas adalah anak-anak. Alia Bhatt pun melengkapi postingannya dengan tagar #AllEyesOnRafah

4. Kareena Kapoor Khan

Kareena Kapoor Khan kembali membagikan pengumuman Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) yang mengutuk serangan tersebut melalui Instagram Stories.

5. Pedro Pascal

Pedro Pascal, seorang warga Amerika keturunan Chili, memposting foto di Instagram dengan tulisan “Semua Mata Tertuju Rafah.” (Rachel Eirene Nugroho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *