5 Universitas di Indonesia yang Berikan Beasiswa untuk Penghafal Alquran

JAKARTA – 5 Universitas di Indonesia yang menawarkan beasiswa penghafal Alquran.

Beberapa universitas menawarkan beasiswa kepada mahasiswa penghafal Al-Qur’an atau Hafidz al-Qur’an. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan kebiasaan menghafal firman Ilahi. Beberapa universitas tersebut antara lain:

1. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Fokus penerimaan mahasiswa baru adalah calon mahasiswa baru yang telah hafal minimal 2 bagian Al-Qur’an serta memiliki kemampuan membaca dan semangat yang tinggi.

Tak main-main, UMJ bahkan menawarkan beasiswa 100% untuk program gelar dokter yang hafal 30 Juz. Beasiswa diberikan untuk Semester 1 sampai dengan Semester 8, dengan syarat menyerahkan transkrip IPK minimal 3,00.

Sementara itu, berikut besaran beasiswa yang diberikan UMJ, seperti dikutip dari situs resminya, per Kamis (30/5/24):

Hafidz Qur’an kategori 2-5 Juz menerima 60% dari total biaya pendidikan Semester 1 sampai Semester 4 (diuji ulang tiap semester)

Hafidz Qur’an kategori 6-10 Juz menerima 70% dari total biaya pendidikan semester 1-5 (diuji ulang tiap semester)

Hafidz Quran kategori Juz 11 sd 20 mendapat 80% dari total biaya pendidikan semester 1 sd 6 (diuji ulang tiap semester)

Kategori Hafidz Qur’an mendapat 90% dari total biaya pendidikan Semester 1 s/d 7 Juz 21 s/d 25 (diuji ulang tiap semester)

Hafidz Qur’an kategori 26 sd 30 Juz akan menerima 100% dari total biaya pendidikan Semester 1 sd 8 (diuji ulang tiap semester)

Untuk kurikulum Gizi dan Kebidanan Hafidz Qur’an 20-25 Juz akan mendapat 90% pada semester 1-7, dan selanjutnya akan diawasi ketentuannya berdasarkan peraturan Fakultas Kedokteran.

2. Universitas Unggul Esa

Universitas Esa Unggul juga merupakan universitas yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Beasiswa ini terbagi dalam dua kategori, yaitu beasiswa untuk hafidz hafidz 15-20 ratus dan lebih dari 20 ratus.

Beasiswa lebih dari 15-20 ratusan akan mendapat diskon 75%, beasiswa lebih dari 20 ratusan mendapat diskon 100%.

Masa berlaku beasiswa maksimal 8 semester untuk program Sarjana dan maksimal 6 semester untuk program Diploma.

3. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Universitas Islam Bandung juga menawarkan beasiswa kepada mahasiswa baru yang hafal 5-30 Ratus. Beasiswa yang ditawarkan UNISBA meliputi bimbingan rutin bulanan serta keringanan biaya kuliah untuk fakultas Syariah, Dakwah, Pendidikan dan Pelatihan Guru, Hukum, Psikologi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Ilmu Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. UNISBA juga menawarkan keringanan biaya hidup bagi mahasiswa Kedokteran.

4. Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

UNISSULA juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang telah hafal minimal 5 bagian Al-Qur’an. Pemberitahuan dari laman resminya, berikut kriterianya:

Hafidz 30 Juz

Manfaat Dana Pengembangan Kelembagaan (DPI) dan Biaya Studi Tunggal (UKT) tersedia untuk semua program studi. Kuota beasiswa ditentukan oleh fakultas masing-masing

Hafidz Minimal 26 – 29 Juz

Pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar 80% berlaku untuk semua program kecuali Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan. Kuota beasiswa ditentukan oleh fakultas masing-masing.

Hafidz Minimal 21 – 25 Juz

Semua program kecuali Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan berhak mendapatkan manfaat Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan Biaya Studi Tunggal (UKT) sebesar 65%. Kuota beasiswa ditentukan oleh fakultas masing-masing.

Hafidz Minimal 16 – 20 Juz

Pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan Biaya Studi Tunggal (UKT) sebesar 50% berlaku untuk semua program studi kecuali Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan. Kuota beasiswa ditentukan oleh fakultas masing-masing.

Hafidz Minimal 11 – 15 Juz

Semua program studi kecuali Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan berhak mendapatkan manfaat Dana Pengembangan Institusi (DIF) dan diskon Biaya Studi Tunggal (UKT) sebesar 35%. Kuota beasiswa ditentukan oleh fakultas masing-masing.

Hafidz Minimal 5 – 10 Juz

Semua program kecuali Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Kebidanan berhak mendapatkan manfaat Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan diskon Biaya Studi Tunggal (UKT) sebesar 20%. Kuota beasiswa ditentukan oleh fakultas masing-masing.

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta memberikan minimal 1500 beasiswa hafidz kepada calon mahasiswa semua program studi. Calon peserta didik harus melampirkan ijazah/sertifikat hafidz dan merupakan peserta didik dengan nilai sekolah terbaik minimal 10%.

Inilah 5 Universitas di Indonesia yang menawarkan beasiswa penghafal Alquran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *