Menteri PUPR Ungkap Tugas Khusus dari Jokowi Usai Jadi Plt Kepala Otorita IKN

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Ketua Otoritas Ibu Kota Kepulauan (IKN) dan Wakil Menteri ATR BPN Raja Juli Antoni sebagai Wakil Ketua Otoritas IKN.

Hal ini disebabkan mundurnya Bambang Susantono sebagai Ketua Otorita IKN dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Ketua Otorita IKN.

“Seperti yang disampaikan Menlu, kami berdua sekalian. Saya dan Raja dipanggil untuk diangkat menjadi pejabat dan wakil presiden IKN.” , Jakarta, Senin (3/6/2024).

Basuki menyatakan, dirinya dan Silo akan menjalankan tugasnya sesuai aturan dan ketentuan.

“Tujuan dari proyek ini adalah untuk mempercepat pelaksanaan proyek ini. Karena kami yakin pihak berwenang sedang membuat rencana untuk mengembangkan IKN ini. Bagi kami berdua, sesuai dengan tata kota, tugas untuk mempercepat pelaksanaan ini adalah. proyek diberikan.” Berdasarkan hasil lomba desain kota yang lalu, pengembangan IKN ini akan berkembang dalam artian lingkungan pertama Nusa Rimba,” kata Basuki.

Basuki juga ditunjuk untuk menyelesaikan lahan dan investasi. Khusus Raja Juli, kata Basuki, ditugaskan untuk menyelesaikan situasi dunia.

Jadi kita berdua akan segera putuskan status tanah di IKN, apakah akan dijual, disewakan atau KPPU? Kita ingin cepat. Agar investor tidak takut menginvestasikan uangnya. Terlebih lagi untuk memenuhi kewajiban ini. tujuan utama kami sebagai presiden dan wakil presiden IKN.”

Basuki juga diminta menyiapkan embrio khusus pemerintahan daerah (Pemdasus) di IKN. Hal ini sebagai persiapan peraturan yang akan segera ditandatangani Presiden Jokowi.

“Karena ketika Perpres tentang IKN ditandatangani Presiden, maka akan muncul embrio IKN di pemerintahan daerah. IKN tidak serta merta menjadi anggota pemerintah daerah karena tugas OIKN adalah mempercepat pengembangan IKN.” Pemda sendiri selanjutnya akan disiapkan oleh tim gabungan atau tim tersendiri dengan Kementerian Dalam Negeri.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *