Cegah Stres, Intip Persiapan Tahun Ajaran Baru yang Perlu Dilakukan Orangtua

JAKARTA – Siswa memulai tahun ajaran baru. Seringkali tahun ajaran baru menjadi tantangan bagi siswa dan orang tuanya.

Merupakan tantangan bagi para orang tua untuk membiasakan anak mereka melakukan rutinitas dan menghidupkan kembali semangat mereka untuk bersekolah setelah libur panjang.

Menjelang tahun ajaran baru, peran orang tua dalam mendampingi anak sangatlah penting. Hal ini dikarenakan peran orang tua dapat mempengaruhi rasa percaya diri anak yang nantinya menjadi landasan dalam proses pembelajaran.

Tahun ajaran baru sering kali menimbulkan rasa takut untuk kembali bersekolah. Namun, untuk mengatasi rasa cemas tersebut, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu persiapan tahun ajaran baru.

Psikolog anak, remaja, dan keluarga Fabiola Priscilla menjelaskan bahwa persiapan untuk kembali ke sekolah seringkali membuat orang tua merasa stres, hal ini wajar dan dapat diatasi dengan persiapan yang matang.

Stres orang tua saat mempersiapkan diri untuk kembali ke sekolah biasanya disebabkan oleh banyaknya tuntutan yang harus dipenuhi dalam waktu singkat.

Persiapan matang yang dapat dilakukan orang tua antara lain membelikan perlengkapan sekolah bersama anak sebelum hari pertama sekolah, memastikan anak memiliki waktu tidur yang cukup, menciptakan rutinitas pagi yang konsisten, dan mempersiapkan diri dengan baik untuk berangkat ke sekolah pada malam hari. Ketika mereka datang ke sekolah pada pagi hari, mereka memfasilitasi semua kebutuhan sekolah.

Selain untuk mengatasi stres, hal ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak di hari pertama sekolah dan seterusnya.

Fabiola mengatakan, Kamis (6/6/2024) “Persiapan sekolah yang baik dapat membantu anak mempelajari keterampilan hidup yang penting seperti kemandirian, tanggung jawab, dan manajemen waktu.”

Kepala Sekolah SD BPK Penabur Pondok Indah Evert F. Fanggidae menekankan, guru berperan penting dalam mempersiapkan anak memasuki sekolah. Evert juga menyampaikan bahwa sekolah dan orang tua adalah mitra sehingga harus ada komunikasi yang baik. Oleh karena itu, orang tua dan sekolah hendaknya bekerja sama dengan baik agar anak dapat menjalani hari pertama sekolah dengan percaya diri.

“Dukungan berupa kelancaran komunikasi antara orang tua dan guru menjadi salah satu kunci keberhasilan anak di sekolah,” kata Evert.

Selain itu, Evert menyarankan dengan memberikan informasi lengkap melalui buku pegangan sekolah atau forum tanya jawab melalui grup chat, guru dapat membantu mengurangi kecemasan orang tua dan anak di hari pertama sekolah.

Selain di sekolah, anak-anak menghabiskan sebagian besar waktu belajarnya di rumah. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memilih perangkat yang sesuai dengan usia anak dan kebutuhan belajar anaknya.

“Setiap anak pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, dan tentunya harus disesuaikan dengan tahap pertumbuhannya,” kata Manajer Desain Interior IKEA Mall Taman Angrek Dimas Hario Wirawan.

Misalnya anak usia taman kanak-kanak senang bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru disekitarnya, maka orang tua dapat menyediakan fasilitas seperti meja kecil, papan tulis, dan peralatan yang dapat digunakan untuk kreativitas anak.

Upaya orang tua dalam menyediakan ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi anak tentunya akan membantu mereka lebih siap menghadapi kegiatan pembelajaran tahun ajaran baru dengan penuh semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *