Kunjungi Muna Barat, Jokowi Tinjau Pelayanan Kesehatan di RSUD Baharuddin

MUNA BARAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan sejumlah agenda saat kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Muna dan Muna Barat, pada Senin, 13 Mei 2024.

Sekitar pukul 09.07 WITA, Kepala Negara tiba di Muna dan langsung melihat perawatan di RS dr. HM. Baharuddin, M.Kes.

“Saya menemukan area yang paling menonjol adalah stroke dan serangan jantung. Masalahnya kalau provinsi itu letaknya di kabupaten atau kota yang jauh dan tidak segera ditangani maka menjadi masalah, kata Presiden Jokowi.

Presiden menekankan pentingnya memperoleh peralatan kesehatan yang berkualitas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Saat ini Kementerian Kesehatan banyak mengirimkan mesin CT, kateter, dan mamografi ke rumah sakit kabupaten dan kota, termasuk peralatan pemindai janin di pusat kesehatan,” jelasnya.

Kali ini, Wakil Gubernur Sulsel Andap Budhi Revianto menyatakan kesediaannya mendukung upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sultra.

Andap mengatakan: “Kunjungan ini merupakan kesempatan penting bagi kita untuk bersama-sama meningkatkan dan meningkatkan pelayanan medis di RSUD Baharuddin Muna, termasuk RS daerah lainnya di “Semenanjung Sultra”.

Kegiatan dilanjutkan di Wilayah Muna dengan mengunjungi pasar Laino Raha. Presiden berbicara langsung dengan para pedagang di pasar dan meninjau ketersediaan barang serta kestabilan harga beberapa barang kebutuhan pokok.

Presiden Jokowi juga memberikan bantuan modal kerja (BMK) kepada PKL dan Bantuan Langsung Tunai (BTL) kepada pedagang di Pasar Sentral Laino Raha Muna.

Presiden meninjau stok beras di gudang Bulog, kemudian menyalurkan bantuan pangan tersebut kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Pasar Laende, Desa Lagasa, Kecamatan Duruka, Provinsi Muna.

Presiden dalam sambutannya menegaskan, pembagian 10 kg beras per keluarga akan berlanjut hingga Juni 2024, dan diharapkan dapat diperpanjang hingga Desember 2024, tergantung situasi.

Pj Gubernur mengatakan, bantuan pangan ini merupakan wujud kepedulian Presiden terhadap masyarakat Muna

“Dengan adanya kebijakan ini diharapkan ada bantuan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kata Andap.

Sementara di Negeri Muna Barat, Presiden Jokowi meninjau Pasar Rakyat Kambara dan menyerahkan BMK dan BTL, dilanjutkan dengan peresmian Inpres Gula Daerah (IJD) Provinsi Sulawesi Selatan Timur.

Quyen menutupnya dengan mengatakan, “Alhamdulillah Pak Presiden berkenan meresmikan IJD Sultra di Muna Barat. Dalam IJD kali ini kami sangat bersyukur Bapak Presiden memandang kami disini untuk pembangunan infrastruktur jalan guna meningkatkan komunikasi dan mobilitas”. Gubernur.

Selain itu, Provinsi Sulawesi Selatan mendapat pendanaan dari APBN sebesar 631 miliar dolar. Anggaran tersebut dialokasikan untuk pembangunan 22 ruas jalan.

Panjang jalan yang selesai dibangun adalah 164,8 km. Pembangunan infrastruktur tersebar di 15 kabupaten/kota di Sultra.

Presiden dalam kunjungannya ke Sulsel juga didampingi oleh Menteri Luar Negeri Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi, Direktur Jenderal Bulog Bayu Krisnamurthi, Bpk. Muhammad Qodari, wakil Muna, dan wakil Muna Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *