Balik ke MotoGP, Andrea Dovizioso Dirumorkan Jadi Test Rider Marc Marquez

ANDREA Dovizioso tidak menutup kemungkinan untuk kembali ke MotoGP. Spekulasi pun bermunculan mengenai peluangnya menjadi pebalap penguji Ducati Marc Marquez.

Dovi – sapaan akrab Dovizioso – tampil pada balapan MotoGP Italia 2024 akhir pekan lalu di sirkuit Mugello. Itu adalah penampilan publik pertamanya sejak kecelakaan motorcross serius pekan lalu yang menyebabkan beberapa tulang patah.

Kali ini, kabar gembira juga disampaikan pria 38 tahun yang gantung helm pada 2022 lalu. Ia berbicara tentang kembali bekerja di paddock MotoGP.

Dovi mengumumkan akan kembali ke MotoGP bukan sebagai ahli atau komentator, melainkan sebagai test rider. Pasalnya salah satu tim pabrikan sempat menawarinya masa depan sebelum pensiun untuk menempati posisi tersebut, namun saat itu ia memilih gantung helm karena ingin istirahat dulu.

“Saya tidak punya rencana pasti, tapi selalu menyenangkan jika seorang produser menghubungi Anda untuk membicarakan masa depan. Ketika saya selesai menarik diri, saya belum siap untuk terus melakukan apa yang saya lakukan. Saya ingin istirahat,” kata Dovizioso seperti dikutip Speedweek, Sabtu (8/6/2024).

Tapi saya selalu membiarkan pintu terbuka karena saya belum setua itu. Orang-orang mengetahui keahlian saya dan itu dapat membantu perkembangan sepeda motor balap. “Ini masih pagi, tapi pintunya terbuka,” tambahnya.

Ducati jelas menjadi titik awal yang baik bagi Dovizioso jika ingin menjadi test rider. Pasalnya selama bertahun-tahun ia telah membantu tim pabrikan Italia mengembangkan motornya hingga menjadi yang terbaik di MotoGP seperti saat ini.

Dengan berlakunya peraturan baru mulai musim 2027, semua tim pabrikan jelas tertarik untuk memperkuat departemen pengujian mereka. Saat ini Ducati hanya memiliki Michele Pirro sebagai test rider, sehingga kecil kemungkinannya akan menambah lagi.

Meski masih sebatas spekulasi, nyatanya Ducati sangat menginginkan Dovi yang sangat sukses dan berpengalaman di MotoGP menjadi test rider mereka. Dia pasti menjadi liar. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan Dovi akan menjadi penguji rival lamanya Marc Marquez yang akan bergabung dengan tim pabrikan Borgo-Panigale pada 2025.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *