Cerita Azim Bina Warga Agar Mandiri di Sektor Perikanan Air Tawar

Bogor – Muhamad Azim Sadikin merupakan pemilik Perusahaan Perikanan Sidang Reret di Cinagara, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Usaha penangkapan ikannya cukup sukses.

Meski demikian, debitur PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) ini tidak pernah melupakan “asal usulnya”. Karena itu, ia pun aktif memberikan edukasi kepada warga sekitar kawasan penangkapan ikan.

Baca juga:

“Saya melatih petani lokal, 10 orang. Saya ketua kelompok tani,” kata Azim saat ditemui di salah satu tempat pemancingan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Beberapa “muridnya” bahkan menjadi mandiri di bidang perikanan air tawar. “Saya hanya memberi instruksi. Saya mengajari Anda cara beternak ikan dari awal,” ujarnya.

Beberapa warga yang dilatihnya kini sudah memiliki kolam sendiri dan bisa beternak ikan secara mandiri.

“Ada pula yang mendapat ikan dari petani lain yang punya banyak ikan. Jadi pemasok ikan. Mereka tidak punya kolam karena keterbatasan lahan dan modal. Tapi setidaknya pelaku usaha tahu,” ujarnya.

Azim adalah pemilik Perikanan Sindang Reret dan aktif bekerja untuk mengembangkan petani lokal. (Foto: Widi A/Okezone)

Azim pertama kali membuka kolam pemancingan pada tahun 2014. Untuk memperoleh dana, ia menjadi debitur KUR Kredit Usaha Popullore kepada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

“Tahun 2019 saya buka kolam pemeliharaan,” kata Azim.

Sekarang dia memiliki 34 kolam. Terdapat 17 kolam yang digunakan untuk pemancingan dan 17 kolam untuk penangkaran.

Mengenai omzetnya, ia menjelaskan bahwa ia telah menghasilkan ratusan juta dari bisnis penangkapan ikan. Begitu pula untuk usaha budidaya ikan, nominalnya pun mencapai ratusan juta.

(wdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *