Persaingan Ketat Masuk 6 Prodi di Universitas Brawijaya

MALANG – Persaingan ketat terjadi dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Universitas Brawijaya (UB). Minat masuk ke enam program studi (Prodi) tersebut sangat tinggi.

Wakil Rektor Bidang Akademik Imam Santoso menyampaikan, sebanyak 3.662 pelamar diterima di UB, dengan rincian 3.653 pelamar SNBP menempatkan UB sebagai pilihan pertama dan 9 sisanya sebagai pilihan kedua. Dari jumlah tersebut, terdapat tiga program studi yang mempunyai persaingan ketat yaitu di bidang Sains dan Teknologi serta Hukum Sosial (Soshum).

“Prodi yang paling ketat di Centec adalah Fakultas Kedokteran dengan prodi Farmasi, dari 1.177 pendaftar hanya 30 yang diterima dengan persentase 2,55 persen,” kata Imam Santoso saat dikonfirmasi, Kamis (28 Maret 2024).

Selain itu, program studi Ilmu Data di Fakultas MIPA juga cukup menegangkan. Dari 341 pendaftar, yang diterima hanya 12 pendaftar dengan tingkat kedekatan 3,52 persen, dan terakhir, prodi Kedokteran dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.588 pendaftar, hanya 60 pendaftar yang diterima dengan tingkat kedekatan 3,78 persen.

“Sejauh ini, dari 1.557 pelamar, yang diterima di Program Studi Manajemen FEB (Fakultas Ekonomi dan Manajemen) bidang Sosial dan Hak Asasi Manusia sebanyak 74 orang dengan perolehan 4,75 persen,” ujarnya.

Disusul oleh Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang diterima sebanyak 61 pelamar dari 1.261 pelamar dengan persentase kelulusan sebesar 4,84 persen, dan terakhir Program Studi Pariwisata Fakultas Ilmu Administrasi (FIA). ). harus dilakukan. , ), dari 606 pendaftar, diterima sebanyak 33 orang dengan persentase kelulusan 5,45 persen.

Provinsi yang paling banyak peminatnya adalah Jawa Timur, disusul Jawa Barat dan DKI Jakarta. Pada jalur SNBP, jumlah peminat KIPK sebanyak 6.509 orang dan diterima sebanyak 486 orang, ujarnya.

Imam pun memberikan semangat kepada para calon mahasiswa baru (Maba) untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Karena tidak semua orang mendapat kesempatan belajar di universitas terbaik. Apabila kesempatan ini tidak dimanfaatkan maka jalur pendaftaran jalur SNBT atau Mandiri akan ditutup sesuai ketentuan SNPMB.

“Jika ada kendala finansial, UB memiliki beberapa program bantuan finansial dan beasiswa. Dia berkata, “Insya Allah kami akan menemukan jalan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *