Jadi Tulang Punggung Ekonomi, Ini Cara RI Tingkatkan UMKM Go Global

JAKARTA – Peluang usaha kecil dan menengah secara global semakin terbuka. Usaha kecil dan menengah yang menjadi motor penggerak perekonomian nasional dapat meningkatkan produktivitas dan naik kelas lebih cepat.

“Karena UKM selama ini menjadi tulang punggung perekonomian,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangannya, Kamis, 25 April 2024.

Pemerintah juga berkomitmen untuk memajukan usaha kecil dan menengah. PT Pertamina (Persero) juga memberikan dukungan terhadap pengembangan usaha kecil dan menengah.

“Pertamina berhasil membawa ribuan UMK ke level berikutnya dengan go digital, online, modern dan global. Kami berharap banyak UMK dari seluruh Indonesia yang dapat mengikuti UMK Academy 2024,” kata Wapres Pertamina. Manajemen CSR & SMEPP Fajriyah Usman.

BACA JUGA:

Melalui UMK Academy 2024, Pertamina berkomitmen mendukung pembangunan UMK yang berkelanjutan sehingga dapat membantu pemberdayaan UMK dengan sebaik-baiknya. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 8 yaitu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan untuk semua dan angkatan kerja yang menyeluruh dan produktif.

“Kami berharap kehadiran ini dapat memberikan energi baru bagi UMK agar dapat terus maju dan berkembang serta memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan hidup di pasar internasional serta berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” kata Fajriyah.

Pendaftaran Akademi UMK berlangsung pada tanggal 21-30. April 2024. Seluruh UMK di seluruh Indonesia dapat mendaftar untuk mengikuti program ini melalui https://bit.ly/PenbesaranUMKAcademy2024.

Berlangsung selama 5-6 bulan dengan beberapa jenis karya pendidikan dan pelatihan Akademi UMK yang dilaksanakan secara hybrid. Selain itu, peserta terpilih akan menyelesaikan program pada Desember 2024.

Kursus pelatihan Pertamina UMK Academy diselenggarakan, bertingkat dan terintegrasi sesuai dengan kebutuhan, tren dan tantangan pasar.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communications Pertamina, menambahkan program UMK Academy ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk menumbuhkan perekonomian Indonesia melalui peningkatan kapasitas perusahaan UMKM untuk menciptakan produk berkualitas dan pengelolaan UMKM yang profesional.

“Sebagai program rutin Pertamina, kuatnya minat pelaku UMKM untuk berpartisipasi dan meningkatkan kualitas produknya mencerminkan potensi yang luar biasa,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *