Temui Jokowi, MRP Minta Orang Asli Papua Diprioritaskan Jadi Kepala Daerah di Bumi Cenderawasih

JAKARTA – Dewan Rakyat Papua (MRP) meminta agar masyarakat asli Papua diperbolehkan mengikuti Pilkada 2024 untuk menjadi bagian dari wilayah bernama Bumi Cenderwasih.

Permintaan tersebut disampaikan MRP Papua saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/6/2024).

“Tadi juga kami sampaikan bahwa kami juga meminta dilakukannya pemilihan bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota serentak di Papua besok,” kata Augustinus Enggabak, Ketua MRP Papua Tengah, di Istana Kepresidenan Jakarta.

 Baca juga:

Augustinus menjelaskan, permintaan tersebut tidak lepas dari kemerdekaan khusus yang diberikan pemerintah pusat kepada Papua.

“Karena Pemerintah Pusat memberikan kebebasan khusus kepada kita dengan itikad baik. Jadi kebebasan khusus ini mendistribusikan anggaran langsung melalui kabupaten/kota,” ujarnya.

 Baca juga:

Oleh karena itu, kata Augustinus, MRP meminta agar masyarakat asli Papua bisa menjadi kepala daerah melalui pilkada paralel.

Beliau mengatakan, “Oleh karena itu, kami mohon kepada Presiden, Menteri agar Agen, Wakil Sekjen, Gubernur, dan Wakil Gubernur adalah Paus secara alamiah. Dan kami berharap semua hal tersebut dapat dipertimbangkan oleh Presiden dan para pejabatnya untuk memberikan pendapat mereka.” . ,

(Mzm.-)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *