Kerja Sama dengan Harley-Davidson, Kymco Kembangkan Moge Listrik

JAKARTA – Banyak perusahaan yang terus mengembangkan sepeda motor listrik. Kymco juga sedang mengembangkan sepeda motor listrik (moge).

Kymco dikabarkan tengah menyiapkan sepeda motor listrik berbasis LiveWire. Merupakan divisi khusus Harley-Davidson yang dibangun untuk mengembangkan kendaraan listrik bertenaga baterai.

Dengan diluncurkannya Ride Apart pada Jumat (26/4/2024), besar kemungkinan Kymco akan mengembangkan sepeda motor listrik berbasis LiveWire. Pasalnya, perseroan memiliki 4 persen modal yang berjumlah 100 juta dolar AS (Rp 1,6 triliun).

Meskipun Harley-Davidson masih memiliki saham mayoritas di LiveWire, kedua perusahaan akan memanfaatkan keahlian industri masing-masing. Mereka diyakini akan bekerja sama menghadirkan mobil listrik bertenaga dengan harga terjangkau.

Model LiveWire S3 yang akan datang diyakini sebenarnya adalah versi dari model S2 Del Mar dan S2 Mulholland saat ini. Skuter listrik ini diharapkan bisa menyasar pasar entry level.

Tampaknya model ini akan menjadi platform sepeda motor listrik Kymco mendatang, yang diyakini akan menjadi model RevoNEX dan SuperNEX. Diketahui, Kymco sudah lama memperkenalkan kedua model tersebut, namun sempat tertunda hingga beberapa tahun.

Jika LiveWire S3 mendatang, serta model listrik masa depan Kymco berhasil, kemungkinan besar sepeda listrik ini akan didasarkan pada platform Arrow yang sama dengan yang ditemukan pada seri S2.

Sebagai referensi, sepeda motor listrik ini bakal menghasilkan tenaga 63 kW (sekitar 84 hp) dan torsi maksimal 263 Nm. Ini jelas merupakan tenaga yang sangat mengesankan dari sebuah sepeda listrik.

Namun sepeda motor listrik S3 diprediksi lebih kecil dan kurang efisien dibandingkan model S2. Pada tahun 2021, ketika portofolio produk LiveWire dirilis, perusahaan mengatakan arsitektur Arrow akan diperkecil untuk “kendaraan roda dua tugas berat”.

Ide sepeda sederhana dan terjangkau selalu menyenangkan, apalagi jika datang dari perusahaan mapan seperti LiveWire dan Kymco.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *