Gempa M4,9 Guncang Iran, 4 Orang Tewas dan 120 Terluka

IRAN – Gempa bumi berkekuatan 4,9 skala Richter melanda kota Qashmal di provinsi Khorasan timur laut Iran pada Selasa (18 Juni 2024), menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 120 lainnya.

Media pemerintah melaporkan gempa terjadi pada pukul 13:24 (0954 GMT). Gubernur Keshmar Hojatollah Shariatmadari mengatakan gempa tersebut melukai 120 orang, 35 di antaranya dirawat di rumah sakit.

Dia menambahkan bahwa gempa bumi merusak sebagian besar rumah berbahaya baik di daerah perkotaan maupun pedesaan di kota kami.

Televisi pemerintah menayangkan rekaman setelah gempa, menunjukkan petugas pertolongan pertama bekerja di jalan-jalan dan di gedung-gedung yang hancur.

Survei Geologi AS mengatakan gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer (6 mil) dekat Moghan di provinsi Razavi Khorasan, sementara media lokal Iran melaporkan gempa tersebut berkekuatan 5,0 dan kedalaman 6 kilometer.

Iran terletak di lempeng tektonik yang berbeda dan sering mengalami gempa bumi.

Iran terletak di garis patahan penting dan sering mengalami aktivitas seismik. Contoh yang terkenal adalah gempa bumi berkekuatan 7,3 yang melanda dekat perbatasan Irak pada November lalu, yang menewaskan lebih dari 530 orang dan melukai ribuan lainnya.

Awal tahun lalu, gempa berkekuatan 5,9 skala Richter terjadi di kota Khoy di provinsi Azerbaijan Barat, dekat perbatasan Turki. Gempa tersebut menewaskan tiga orang dan melukai lebih dari 800 orang di wilayah pegunungan barat laut negara itu.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Iran mengalami rata-rata 10.000 gempa bumi setiap tahunnya. Negara ini masih dalam masa pemulihan dari tragedi tahun 2003, ketika gempa berkekuatan 6,6 skala Richter menghancurkan kota bersejarah Bam di Iran tenggara, menewaskan lebih dari 31.000 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *