4 Jenderal Kelahiran Minahasa, Salah Satunya Mantan Gubernur Lemhanas

Jakarta – Minahasa adalah nama suatu suku yang juga merupakan nama suatu daerah di Sulawesi Utara (Sulut). Masyarakat Suku Minahasa sebagian besar berdomisili di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Utara dan lain-lain.

Ada beberapa putra daerah Tanah Minahasa yang aktif di TNI dan Polari serta menduduki jabatan umum.

Okazon merangkum sejumlah jenderal kelahiran Minahasa. Berikut ulasannya:

1. Mayjen TNI Alfred Danny Djoike Tuejeh

Mayjen TNI Alfred Danny Danny Joic Tujeh lahir pada tanggal 5 Desember 1965 di Tondano Selatan, Minahasa, Sulawesi Utara. Lulusan Akademi Artileri Madden tahun 1988 ini kini menjabat Panglima Kodam XIII/Merdeka. Sebelumnya, pada Mei hingga Desember 2021, ia menjabat Wakil Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat.

Jabatan lain yang dijabat Alfred Denny adalah Kasdam XII/Tanjungpura, Staf Ahli Sumber Daya Manusia dan Teknologi pada Kemenko Polhukam serta Pa Sahli Tk III KSAD di wilayah Vasus dan Wadan Pustrad.

2. Marsekal Pertama TNI Aldrin Petrus Mongan

Marsekal Pertama TNI Aldrin Petrus Mongan merupakan perwira senior TNI AU yang saat ini menjabat sebagai Komandan Lanud Al Tari di Kupang. Putra Sulawesi Utara ini lahir pada 24 Januari 1971 di Minahasa Utara. Aldrin dikabarkan menyelesaikan pendidikannya di AAU (Akademi Angkatan Udara) pada tahun 1992. Aldrin resmi diangkat menjadi Komandan Al Tari Air, demikian laman TNI AU. Pangkalan pada 10 Februari 2022. Marsma saat itu digantikan oleh TNI Umar Fatur Rahman.

3. Letjen TNI (Purn) Johnny Josephus Lumintang

Letjen TNI (Purn) Johnny Josephus merupakan purnawirawan jenderal bintang 3 asal Lumintang Minahasa. Ia dilahirkan pada tanggal 28 Juni 1947 di Desa Nongan, Minahasa, Sulawesi Utara.

Lulusan AKABRI Cabang Infanteri tahun 1970 ini pernah menjabat sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanus) dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada tahun 1999-2001.

Jabatan terakhirnya di militer adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan. Selain itu, Johnny Lumintang juga pernah menjabat Pangkostrad pada tahun 1998. Namun, ia bertahan kurang dari 24 jam. Setelah lama absen dari militer, Johnny Lumintang ditugaskan sebagai duta besar Indonesia untuk Filipina mulai 14 Februari 2014-2018.

4. Irjen Polisi (purn) Sylvanus Julian Venas

Irjen Polisi (purnawirawan) Sylvanus Yulian Vanas merupakan purnawirawan perwira tinggi Polri yang lahir pada tanggal 15 Juli 1952 di Minahasa, Sulawesi Utara. Ia lulus dari akademi kepolisian pada tahun 1974 dan menjabat dua periode sebagai kepala polisi. Korps Brimob.

Ia pertama kali bekerja sebagai Kakorbrimob pada tahun 1998–1999. Venas kembali menjabat pada 2002 hingga 2009. Pria yang juga menjabat Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) itu meninggal dunia pada 17 Oktober 2022 di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *