Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Menteri LHK: Perlu Gerakan Pengendalian Pencemaran Air

JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Festival Ciliwung 2024 dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 dengan mengusung tema “Penyelesaian masalah iklim melalui inovasi dan prinsip dasar keadilan”.

Festival yang digelar di Kota Depok yang dimulai pada Sabtu (15/06/2024) ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti Fun River Run, Arung Edukasi Sungai yang diikuti ratusan masyarakat baik dari kalangan masyarakat, dunia usaha, pelajar hingga kalangan pelajar. masyarakat umum.

Selain itu, Komunitas Peduli Sungai Ciliwung juga memberikan bantuan bibit dan 7 unit perahu untuk membantu rehabilitasi sungai dan menjaga kebersihan sungai.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dan Wali Kota Depok Mohammad Idris menyambut para pelari yang melintasi kawasan sekitar Sungai Ciliwung sejauh 7,8 km.

“Rangkaian acara ini menindaklanjuti hasil pidato Menteri tentang ‘Water For Shared Prosperity’ pada World Water Forum ke-10 tahun 2024 di Bali. sumber daya, termasuk air tanah, sebagai “penting bagi aktivitas manusia dan ekosistem, dalam pengembangan pengelolaan air berkelanjutan,” kata Menteri Siti dalam pidatonya.

Lanjutnya, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pemerintah menetapkan restorasi 15 daerah aliran sungai (DAS), salah satunya Sungai Ciliwung. Sungai ini merupakan sungai perencanaan nasional dan lambang kota Jakarta yang membentang sepanjang 119 KM dari hulu Kabupaten Bogor hingga Jakarta Utara.

Berdasarkan data kualitas air tahun 2023, 18% status kualitas air berada pada kategori mencapai baku mutu baik, 66% kategori ringan, 16% dalam kategori rendah, dan 0,3% secara keseluruhan. Data tersebut menunjukkan bahwa pencemaran air diperlukan untuk meningkatkan proporsi air yang memenuhi baku mutu,” jelas Menteri Siti.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengelolaan Sungai Ciliwung, seperti 37 komunitas pengelola Sungai Ciliwung, Pemkot Depok, PT Pertamina (Persero), influencer, dan media massa. juga berupaya menjaga kelestarian Sungai Ciliwung.

“Saya punya pesan penting untuk masyarakat dan Patroli Sungai: “Pertahankan minat, terus bekerja keras untuk mewujudkan sungai yang lestari sebagai tujuan wisata dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Topanglah kakimu,” kata Menteri Siti.

Oleh karena itu, Wali Kota Depok Muhammad Idris menyambut baik upaya yang dilakukan di Sungai Ciliwung dan berharap dalam beberapa tahun terakhir, upaya penyelamatan Sungai Ciliwung dapat terus dilakukan dan mengubah wajah Sungai Ciliwung menjadi lebih baik.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini, Sungai Ciliwung bisa menjadi salah satu simbol kota Depok, tidak hanya Universitas Indonesia saja yang menjadi simbol kota Depok,” ujarnya.

CEO PT. Pertamina (Persero) Nicke Widyawati kembali menegaskan, Pertamina berkomitmen mendukung seluruh proyek pemerintah, salah satunya mendukung net zero emisi pada tahun 2060, satu lagi mendukung perbaikan Sungai Ciliwung yang berdampak pada masyarakat. secara sosial dan ekonomi.

Sementara itu, ikrar masyarakat untuk menjaga kelestarian Sungai Ciliwung juga sudah ditandatangani. Terdapat 15 komunitas yang mewakili 32 komunitas yang ada. Diberikan 3 buah medali Fun River Run kepada 3 orang pemenang, buah-buahan dan 7 buah perahu diberikan kepada masyarakat sungai Ciliwung Hidayat, ketua Komunitas Peduli Sungai menyampaikan upaya masyarakat dalam menjaga Sungai Ciliwung. Sungai adalah tempat kita berjalan, bersosialisasi, dan ruang terbuka yang luas bagi kita semua.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkomitmen meningkatkan kualitas Sungai Ciliwung dengan memasang 6 fasilitas pengelolaan air dan 60 tempat wisata bagi pemegangnya. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga telah membangun 53 instalasi pengolahan limbah dan mendorong partisipasi masyarakat melalui 37 komunitas di bantaran Sungai Ciliwung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *