5 Negara dengan Jalan Tol Terpanjang di Dunia

WASHINGTON – Jalan tol merupakan salah satu fasilitas umum yang dapat memberikan kenyamanan khususnya bagi pengemudi mobil dan truk. Pasalnya, jalan tol bisa menjadi jalur cepat melewati kemacetan yang sering terjadi di beberapa tempat.

Jalan Tol merupakan singkatan dari Tax on Location yang berarti jalan yang dikenakan pajak. Oleh karena itu, setiap kita memasuki suatu jalan tol, kita wajib membayar sesuai tarif yang ditentukan untuk jenis kendaraan di gerbang tol tersebut.

Menurut Magic Bricks, saat ini terdapat hampir 66 juta kilometer jalan multi guna di dunia. Menariknya, beberapa negara mempunyai jalan tol terpanjang di dunia.

Negara mana yang memiliki jalan tol terpanjang? Berikut rangkuman lima negara dengan jalan tol terpanjang di dunia, dimulai dari negara kelima.

1.India

Di peringkat kelima ada India yang memiliki jalan tol terpanjang di dunia. Jalan terpanjang di India disebut Golden Quadrilate Highway dengan panjang 6853 km. Jalan raya yang menghubungkan empat kota besar yaitu Delhi, Mumbai, Chennai dan Kolkata ini menjadi jalur kehidupan bagi penduduknya. Pasalnya, jalur Tol Segiempat Emas lebih cepat dan efisien dibandingkan menggunakan kereta api atau bus. Jalan raya ini terbukti mengurangi kemacetan lalu lintas di India dan meningkatkan kualitas udara di perkotaan.

2. Kanada

Kanada menduduki peringkat keempat sebagai negara dengan jalan tol terpanjang di dunia. Menurut Orbit Car Hire, jalan tol terpanjang di Kanada disebut Trans-Canada Highway dengan panjang 7.821 kilometer. Jalan raya ini melintasi seluruh wilayah Kanada, menghubungkan Samudera Pasifik dan Atlantik. Trans-Canada Highway memiliki 20 ruas yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Ada beberapa cabang yang terletak di pegunungan dan ada pula yang di pedesaan sehingga jalan raya ini memiliki pemandangan yang bagus.

3. Rusia

Jalan tol Rusia merupakan jalan terpanjang ketiga di dunia. Nama jalan tersebut adalah Jalan Trans-Siberia yang membentang 11.000 km dari Saint Petersburg. Petersburg di barat hingga Vladivostok di timur. Jalan ini dibangun sejak awal abad ke-20 hingga selesai pada tahun 1950-an. Jalan ini terkenal dengan pemandangan indah yang dilaluinya, seperti Danau Baikal, danau air tawar terbesar di dunia

4. Australia

Negara lain yang memiliki jalan tol terpanjang adalah Australia yang memiliki jalan tol sendiri yaitu Highway 1. Panjang jalan ini adalah 14.500 km dan membentang dari Sydney hingga Perth, menghubungkan seluruh negara bagian Australia kecuali Wilayah Ibu Kota Australia. Rute ini melewati beberapa kawasan paling indah di Australia. Contohnya termasuk garis pantai Victoria yang dramatis, kebun anggur dan kilang anggur di Australia Selatan, serta keindahan alam Australia Barat.

5. Amerika Serikat (AS)

Amerika Serikat sebagai negara dengan jalan tol terpanjang #1 di dunia memiliki jalan tol bernama Autostrada Panamericana. Jalur yang secara de facto memiliki panjang 48.000 km ini membentang melintasi benua Amerika, mulai dari ujung utara Teluk Prudhoe, Alaska, hingga Ushuaia di Argentina. Pan American Highway pertama kali diusulkan pada tahun 1915 dan membutuhkan waktu lebih dari 50 tahun untuk menyelesaikannya. Pembangunan jalan tol ini baru resmi selesai pada bulan Oktober 1971 ketika ruas terakhir antara Panama dan Kolombia dibuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *