Ukraina Tembak Jatuh 32 Drone Rusia dalam Serangan Rusia Semalam

UKRAINA – Militer Ukraina menembak jatuh drone Shahed buatan Iran yang dikerahkan Rusia dalam serangan malam.

Kepala militer Ukraina, Mykola Oleschuk, mengatakan bahwa militer Rusia meluncurkan 32 drone kamikaze ke Ukraina dari wilayah Kursk dan Primorsko-Akhtarsk Rusia di Krasnodar Krai.

Semua drone ini ditembak jatuh oleh pesawat tempur Ukraina, artileri antipesawat Angkatan Udara, pemadam kebakaran Ukraina, dan unit peperangan elektronik.

“Pada malam hari, pertahanan udara menembak jatuh 32 drone Shahed di Mykolaiv, Odesa, Kherson, Dnipropetrovsk, Kyiv, Chernigov dan Cherkasy,” tulis Oleschuk melalui Telegram.

“Terima kasih atas hasil 100%! Bersama-sama menang!”, ucapnya.

Moskow banyak menggunakan drone Shahed selama perang di Ukraina. Rusia dikatakan pertama kali menggunakan drone pada 13 September 2022 dan mengirimkannya untuk menyerang ibu kota Ukraina, Kyiv, dan lokasi terpenting negara itu, sehingga sering menyebabkan pemadaman listrik.

Pada bulan Desember, Ukraina mengatakan Rusia telah mengerahkan lebih dari 3.700 drone Shahed di wilayahnya selama 22 bulan terakhir. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Rusia ingin “memusnahkan” negaranya dengan serangan kendaraan udara tak berawak (UAV).

Bulan lalu, sebuah jet Ukraina yang berbasis di selatan Krasnodar di Rusia menghancurkan bandara Shahed di Rusia. Ukraina kerap menyerang pasukan militer Rusia dengan alasan mereka sah dalam perang yang sedang berlangsung antara kedua negara.

Militer Ukraina juga melancarkan serangan drone di kota Primorsko-Akhtarsk di Wilayah Krasnodar dan kota Rostov-on-Don di Rusia selatan.

“Kiev juga mencoba menyerang warga sipil di wilayah tersebut menggunakan drone. Di Primorsky-Akhtarsk, pertahanan udara kami menembak jatuh beberapa drone,” kata Veniamin Kondratyev, gubernur wilayah Krasnodar, dalam postingan Telegram.

Kondratjev mengatakan seorang gadis berusia enam tahun meninggal di rumah sakit setelah serangan udara tersebut, dan puing-puing yang berjatuhan menghancurkan rumah-rumah warga sipil.

Di Rostov-on-Don, puing-puing pesawat tak berawak yang jatuh menyebabkan kebakaran, kata gubernur regional Vasilij Golubev. Video dan gambar yang beredar di TV memperlihatkan bangunan-bangunan yang hancur.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sistem pertahanan udara menembak jatuh 14 drone Ukraina di wilayah Krasnodar, dan 10 drone di wilayah Rast.

Kementerian Energi Ukraina mengumumkan serangan pesawat Ukraina pada Senin (7 Januari 2024) menyebabkan 90 persen wilayah Belgorod Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina, tanpa listrik.

Surat kabar Rusia Kommersant melaporkan bahwa di wilayah terdekat Voronezh, listrik juga terbatas di distrik lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *