Apakah Siklon Tropis Ewiniar di Laut Filipina Berdampak ke Indonesia?

JAKARTA – Topan Avianar terdeteksi di Laut Filipina. Badai diperkirakan akan semakin intensif dalam 24 jam ke depan.

“Siklon Avianar akan meningkat dalam 24 jam ke depan, namun masih dalam kategori 3 (tiga). BMKG dalam keterangannya pada Selasa, 28 Mei 2024 mengutip, “Topan Tropis Avianar di seluruh Indonesia bergerak ke arah timur laut dari kawasan tersebut.”

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Topan Avniyar saat ini terletak di 16,7 derajat Lintang Utara dan 124,2 derajat Lintang Timur, sekitar 1.490 km sebelah utara Tahuna. Badai ini memiliki kecepatan angin maksimum 65 knot (120 km/jam) dan kecepatan angin minimum 985 hPa.

Deputi Meteorologi BMKG Goswanto memastikan Topan Avianar tidak akan berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap cuaca Indonesia dalam 24 jam ke depan.

Terbentuknya siklon tropis memerlukan kondisi tertentu, antara lain suhu permukaan laut minimal 26,5 derajat Celcius pada kedalaman 60 meter. Selain itu, kondisi atmosfer yang tidak stabil juga penting untuk pembentukan awan kumulonimbus, yaitu awan yang bergerak cepat dan menunjukkan daerah konvektif yang kuat, yang penting bagi perkembangan siklon tropis.

Goswanto menambahkan, udara yang relatif lembab pada ketinggian sekitar lima kilometer juga mempengaruhi terbentuknya angin topan. Sekali lagi, ketinggian ini merupakan udara datar yang jika kering tidak dapat membantu berkembangnya badai petir dan badai.

“Jaraknya setidaknya 500 kilometer dari khatulistiwa,” katanya. “Meskipun mungkin terjadi, badai jarang terjadi di dekat khatulistiwa.”

Adanya gangguan atmosfer di dekat permukaan bumi, seperti angin dan gelombang, serta perubahan kondisi atmosfer di ketinggian rendah juga menjadi faktor penting berkembangnya badai petir.

BMKG akan terus memantau perkembangan Siklon Tropis Avianar dan memastikan informasi cuaca terkini selalu tersedia bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *