Untar Masuk Daftar Kampus Terbaik di Dunia versi THE dan Edurank 2024

JAKARTA – Untar sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang terakreditasi Unggul oleh BAN PT berhasil masuk pemeringkatan kampus terkemuka dunia versi Times Higher Education (THE)

THE adalah organisasi pemeringkatan universitas global yang menilai dan memberi peringkat pada 1.498 universitas di 115 negara/wilayah atas kontribusi signifikan mereka terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dipublikasikan pada Rabu (12/6), Untar masuk dalam daftar kampus terbaik dunia pada empat kategori tahun 2024, yaitu universitas terbaik untuk bisnis dan teknologi berkelanjutan, pemimpin dalam pengembangan kerja sama global. universitas, universitas terkemuka yang memajukan masyarakat. Universitas terbaik untuk mempromosikan perdamaian dan keadilan serta pendidikan berkualitas.

Penilaian tersebut didasarkan pada kontribusi kampus-kampus terbaik dunia dalam mencapai 17 poin SDGs pada tahun 2024. Sedangkan empat tujuan SDG yang dicapai Untar adalah SDG 4 (Pendidikan Berkualitas), SDG 9 (Bisnis, Inovasi dan Infrastruktur), SDG 16 (Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan Kuat).

AN menempatkan Untar di antara kampus terkemuka dunia dalam SDG 9, 401-600 untuk Bisnis, Inovasi dan Infrastruktur, 601-800 untuk SDG 4 Pendidikan Berkualitas, 601-800 untuk SDG 16 Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Kuat dan 11501. + SDG 17 Kemitraan peringkat pada pencapaian tujuan.

Hasil tersebut membuktikan bahwa Untar dan universitas terbaik dunia tidak hanya lebih baik dalam bidang tertentu, namun juga dalam beberapa SDGs. Hal ini menunjukkan komitmen Untar dalam mengatasi tantangan dunia yang paling mendesak, seperti kelestarian lingkungan, inklusi sosial, pertumbuhan ekonomi, dan kolaborasi.

Selain itu, EduRank menempatkan Untar sebagai kampus terbaik ke-63 di Indonesia dan kampus terbaik ke-5 di Jakarta. Pemeringkatan EduRank didasarkan pada hasil penelitian, keunggulan non-akademik, dan dampak alumni. Pemeringkatan tersebut ditentukan dengan menganalisis 66.700 kutipan dari 47.100 publikasi akademik dari 562 universitas di Indonesia, termasuk 53 universitas di Jakarta.

Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan mengatakan, pada tahun ini Untar berhasil masuk pemeringkatan internasional dengan hasil pada empat kategori SDG. Hasil ini merupakan prestasi bersama guru, siswa dan seluruh pemangku kepentingan.

Bagi Untar, ini merupakan pertama kalinya mengikuti pemeringkatan THE. Pihaknya juga terus melakukan penjaminan mutu internal Untar dan menghasilkan berbagai terobosan mutu untuk menunjang reputasi Untar. Untar telah mengikuti pemeringkatan internasional sejak tahun 2019, dimulai dari pemeringkatan QS dan pemeringkatan tahun 2021.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas kerjasamanya dan berharap Untar dapat memperoleh hasil pemeringkatan yang lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Untar menduduki peringkat tiga besar PTS dalam AppliedHE Private University Ranking 2023: ASEAN+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *