PUPR: Istana Negara IKN Dapat Digunakan Akhir Juli

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Kelompok Kerja Perencanaan Infrastruktur Kepulauan (IKN) mengumumkan bahwa Gedung Negara Nusantara, Kalimantan Timur akan mulai beroperasi pada akhir Juli 2024.

“Kami melihat Gedung Negara akan mulai beroperasi pada akhir Juli,” kata Ketua Pokja Perencanaan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi, dalam konferensi pers online, Kamis (7/11/2024) seperti dikutip Antara.

Imam menjelaskan, banyak ruangan di Gedung Negara, khususnya ruang utama, yang bisa berfungsi pada akhir bulan ini.

Sementara itu, lokasi festival sudah beroperasi 100 persen dan siap untuk perayaan HUT RI di IKN. Alun-alun ini memiliki kapasitas yang besar, sehingga mampu menampung 8.000 orang.

Tempat festival sudah siap, panggung juga sudah siap, semuanya 100 persen siap dan siap digunakan untuk perayaan HUT RI, kata Imam.

Hingga 4 Juli, progres pembangunan Istana Negara dan Stadion Perayaan di IKN sudah mencapai 82,73 persen. Sementara progres pembangunan Kantor Presiden mencapai 88,54 persen.

Kementerian PUPR akan menguji dan menugaskan atau menguji Gedung Negara, Kantor Presiden, dan tempat upacara pada bulan Juli mendatang.

“Juli ini sebenarnya kita sebut sebagai bulan uji coba dan penerapan, jadi bulan uji coba untuk menyelesaikan bulan Agustus,” kata Imam.

Sekadar informasi, pemerintah tetap berkomitmen menyiapkan berbagai sarana dan prasarana dalam rangka perayaan HUT ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia di ibu kota baru kepulauan tersebut. Salah satu kekhawatiran utama adalah kesiapan alun-alun perayaan yang rencananya akan selesai pembangunannya dalam waktu dekat.

Pembangunan tempat festival yang akan menjadi pusat perayaan Kemerdekaan telah mencapai tahap akhir.

Pemerintah terus mempercepat pembangunan untuk memastikan seluruh peralatan dan infrastruktur pendukung siap mendukung penyelenggaraan festival di kepulauan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *