Penyebab Gol Timnas Belanda ke Gawang Prancis di Euro 2024 Dianulir Wasit

LIPSKO – Alasan gol Timnas Belanda ke gawang Timnas Prancis di Euro 2024 tidak diakui wasit akhirnya terungkap. Keputusan wasit Anthony Taylor membuat heboh media sosial.

Laga Timnas Belanda melawan Timnas Prancis berlangsung pada Sabtu (22/06/2024) di Stadion Leipzig, Leipzig, Jerman pukul 02.00 WIB. Pertandingan berakhir dengan hasil imbang 0:0 setelah 90 menit bermain intens.

Xavi Simons memanfaatkan kemelut di depan gawang Prancis dan mencetak gol pada menit ke-69. Namun, Taylor membatalkannya setelah hakim garis turun tangan.

Asisten wasit memutuskan Denzel Dumfries berada dalam posisi offside saat tembakan Simmons melebar. Meski berdiri teguh, bek Inter Milan itu mendapat kartu kuning karena menghalangi kiper Mike Mignon.

VAR sempat mengkaji ulang keputusan Taylor. Namun, setelah diskusi dan investigasi yang berlangsung sekitar dua menit, tujuan tersebut akhirnya ditolak.

Menurut jurnalis ESPN Dale Johnson, gol Belanda memang pantas dianulir. Dumfries bisa diartikan sebagai serangan langsung terhadap gerakan Magnan.

“Saya pikir gol tersebut akan dianulir ketika itu terjadi. Posisi Dumfries yang terlalu dekat dengan Mignon bisa saja diartikan sebagai goaltending,” tulis Johnson di Twitter atau akun X @DaleJohnsonESPN merujuk pada Sabtu (22/6/2024). ).

Lebih lanjut, Johnson menilai situasi serupa juga terjadi pada timnas Ekuador saat menghadapi timnas Belanda di Piala Dunia 2022, ketika gol La Triclere juga dianulir.

Posisi berdiri Dumfries dalam situasi gawang berada tepat di sebelah Magnan. Kiper AC Milan tak mampu menggagalkan tembakan Simon dengan cukup kuat.

Namun, posisi Dumfries diyakini akan mempengaruhi pergerakan Magnan secara langsung. Mengapa gol tersebut dianulir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *