Kenali 5 Tanda Kampas Kopling Mobil Sudah Habis dan Harus Segera Diganti

Kopling pada suatu kendaraan merupakan komponen yang vital terutama pada kendaraan bertransmisi manual. Pedal kopling berfungsi untuk menyalurkan tenaga utama kendaraan dari mesin ke girboks. Oleh karena itu harus dijaga agar kinerjanya tetap permanen.

Oleh karena itu, jika lapisan kopling sudah tipis atau aus sebaiknya segera diganti. Bagaimana Anda tahu bahwa?

Baca Juga: Merasa Pedal Kopling Mobil Anda Berat Saat Diinjak? Berikut 3 cara mengatasinya

Dikutip dari situs Auto2000, Rabu (29/9/2021), berikut tanda-tanda kampas kopling sudah aus dan perlu diganti:

1. Transisi tampaknya sulit

Dalam keadaan normal, perpindahan gigi tidak memerlukan banyak tenaga dan tenaga. Namun, jika mobil kesayangan Anda kesulitan perpindahan gigi, bisa jadi ini adalah tanda umum sasis tipis yang bisa Anda kenali.

2. Tekan pedal kopling tinggi-tinggi

Sebenarnya, ketinggian injeksi pedal kopling pada mobil manual bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Namun, jika setelan tiba-tiba berubah dan jarak kopling meningkat, ini mungkin merupakan karakteristik lain yang harus Anda pertimbangkan saat mengganti set bantalan kopling Fengan yang baru.

3. Munculnya bau terbakar

Tanda-tanda selanjutnya yang harus diperhatikan jika ternyata kampas kopling mobil Anda sudah aus adalah dengan mengandalkan indera penciuman.

Baca juga : Pengertian Apa Itu Free Play Pedal Kopling

Jika mobil Anda mengeluarkan bau terbakar saat turun atau menanjak, bisa jadi itu tandanya lapisan kopling sudah tipis atau bahkan sudah aus.

Hal ini disebabkan oleh tingginya gesekan antara flywheel dengan skid plate pada kampas kopling yang menyebabkan komponen cepat terbakar.

4. Mesin cepat panas

Mesin panas adalah hal yang normal. Namun, situasinya berbeda-beda tergantung karakteristik trim kendaraan. Sebab jika lapisan kopling menjadi tipis dan mulai aus maka putaran mesin akan meningkat. Kondisi yang tipis akan membuat permukaan lapisan kopling menjadi licin.

Sehingga putaran mesin menjadi cepat dan panas.

Hal ini juga dapat menyebabkan kopling selip saat digunakan.

5. Berkurangnya performa dan akselerasi

Inilah ciri-ciri yang bisa Anda rasakan saat mengetahui lapisan kopling mobil Anda sudah tipis atau aus. Pasalnya, ketika Anda mengganti gigi dan menginjak pedal gas, mobil seharusnya bisa berakselerasi dengan mudah dan cepat.

Namun jika kampas kopling sudah aus maka akan terdengar bunyi berdecit dan memekik. Artinya mobil Anda mengalami selip kopling. Hal ini disebabkan karena transmisi mobil Anda tidak mengarahkan putaran mesin dengan baik. Jika Anda menemukan masalah seperti itu, sebaiknya ganti komponen tersebut dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *