Donald Trump Tuduh Joe Biden Jalankan Pemerintahan Gestapo, Dibandingkan dengan Nazi saat Perang Dunia II

WASHINGTON – Kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump menuduh saingannya dari Partai Demokrat, Presiden AS Joe Biden, menjalankan pemerintahan Gestapo dalam pidato pribadinya di hadapan para donor di mana ia juga menyerang jaksa yang terlibat dalam kasus pidananya.

Berdasarkan catatan yang didengar media AS, Trump, yang retorikanya menuai tuduhan kecenderungan fasis dari kelompok hak-hak sipil dan kritikus lainnya, membandingkannya dengan polisi Nazi di rezim Jerman selama Perang Dunia II pada acara retret donor pada Sabtu (5/4). /2024) malam di resor Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida.

Komentar tersebut muncul setelah Trump mengulangi keluhannya bahwa tuduhan terhadap dirinya bermotif politik. Dia baru saja menyelesaikan persidangan uang tutup mulut selama 11 hari di New York, di mana dia dituduh memalsukan catatan perusahaan untuk menutupi pembayaran $130.000 kepada seorang bintang porno.

“Orang-orang ini menjalankan pemerintahan Gestapo,” kata Trump, menurut rekaman audio yang didengar oleh New York Times dan Washington Post.

“Dan hanya itu yang mereka punya. Dan menurut mereka, itulah satu-satunya cara untuk menang, dan itu justru membunuh mereka. Tapi aku tidak peduli,” lanjutnya.

Tim kampanye Trump tidak menanggapi permintaan komentar atas komentar yang dilaporkan tersebut.

Mantan presiden, yang menjabat dari tahun 2017 hingga 2021, menghadapi serangkaian tantangan hukum dalam kasus pidana dan perdata ketika ia berupaya untuk mendapatkan kembali kursi kepresidenan pada pemilu 5 November. Dia membantah dalam semua kasus ada kejanggalan.

Trump telah melontarkan serangkaian pernyataan rasis dan penuh kebencian selama kampanyenya, menggunakan gambaran kekerasan untuk mengkritik imigran dan lawan-lawannya. Dia memperingatkan kemungkinan kekerasan jika dia tidak memenangkan pemilu 2024 dan membandingkan imigran dengan binatang.

Pada bulan November, Biden menyerang Trump karena menggunakan kata “hama” untuk merujuk pada musuh politiknya, dengan mengatakan bahwa kata tersebut mengingatkan pada bahasa Nazi Jerman. Juga pada tahun lalu, Trump mengatakan bahwa imigran yang memasuki negaranya secara ilegal “meracuni darah negara kita.” “

Beberapa sejarawan mengatakan bahwa sikap tersebut mencerminkan sikap para otokrat yang berusaha menindas musuh-musuhnya. Tim kampanye Trump sebelumnya menolak perbandingan dengan Nazi, Adolf Hitler, dan Benito Mussolini dari Italia.

Dewan Urusan Komunitas Yahudi mengecam perbandingan Nazi tersebut pada Minggu (5/5/2024).

“Membuat perbandingan semacam ini selalu salah, menyinggung, dan dapat dimengerti, terlebih lagi jika dibandingkan dengan sejarah panjang mantan presiden dalam menormalisasi anti-Semitisme,” kata Amy Spetalnick, direktur eksekutif Public Policy Group.

“Sangat memalukan jika menggunakan perbandingan Nazi untuk kepentingan agenda otoriter dan intoleransi,” lanjutnya.

Tim kampanye Biden mengatakan komentar yang dilaporkan mencerminkan kemarahan dan keinginan balas dendam kandidat Partai Republik tersebut.

“Trump telah berulang kali melontarkan komentar yang menghina dan menyinggung mengenai Holocaust, sambil menyerang penegakan hukum, merayakan kekerasan politik, dan mengancam demokrasi kita,” kata juru bicara Biden, James Singer, dalam sebuah pernyataan.

Menurut laporan media, Trump berulang kali mengkritik jaksa federal dan Georgia yang mengadili kasus-kasus terhadapnya pada saat itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *