Miliki Peran Strategis, Babek TNI Harus Cepat dalam Mendukung Operasi Militer

JAKARTA – Badan Perbekalan TNI (Babek) mempunyai peran strategis dalam mengatur perbekalan material secara terpusat dan integratif. Peran strategis tersebut bergantung pada optimalisasi pelaksanaan dukungan operasional TNI berdasarkan Tri Matriks Terpadu.

Babek TNI mempunyai kemampuan memfasilitasi interoperabilitas Tri Matra TNI dalam penyelenggaraan pertahanan dan keamanan negara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perbekalan TNI (Kababek) Brigjen TNI Irawan dalam acara syukuran dalam rangka HUT Babek TNI ke-54 Tahun 2024 yang bertemakan “Berlandaskan Semangat Cigra Titis Tunjungan , Kami hadirkan Babek TNI PRIMA untuk Mendukung Logistik yang Handal”, digelar di Lapangan Merah Babek TNI, Cilincing, Jakarta Utara, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (7/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen Irawan menyampaikan bahwa Babek TNI ke depan harus memiliki kemampuan Dukungan Logistik Terpadu untuk menjamin sistem pendukung yang kuat dengan layanan perbekalan yang sesuai kebutuhan, andal, perbekalan memadai, dan kemampuan pemeliharaan penuh.

“Kecepatan pendistribusian kebutuhan operasional juga berperan penting dalam kelancaran operasi. Jangan sampai terjadi situasi dimana pasukan terlibat dalam operasi tetapi terhambat karena terhambatnya pasokan,” ujarnya.

Personil TNI juga harus mempunyai kemampuan manajemen logistik yang baik dalam proses rantai pasok, yang berfungsi merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan efektivitas dan efisiensi pengadaan barang dan jasa, pergudangan, distribusi dan jasa dalam koridor tugas pokok pelaksanaan sistem terpusat dan terpusat. konsolidasi inventarisasi material TNI untuk mendukung tugas inti TNI,” tutupnya.

(Pemilik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *