Alva One XP Resmi Mengaspal, Ini Bedanya dengan Versi Sebelumnya

JAKARTA – PT Ilectra Motor Group memperkenalkan Alva One XP sebagai model sepeda motor listrik versi terbarunya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari model sebelumnya, Alva One.

Dari segi fitur, Alva One XP memiliki model yang mirip dengan versi sebelumnya dengan peningkatan. Motor hub-drive yang menghasilkan tenaga 4 kW dan torsi puncak 46,5 Nm diklaim lebih mulus dibandingkan model sebelumnya.

Motor penggeraknya juga ditenagai oleh baterai lithium 60V 45Ah (2,7 kWh), yang mampu menempuh jarak 70 km/jam dengan satu baterai. Pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar empat jam.

Direktur Pemasaran Alva Putu Yudha mengatakan, pihaknya telah melakukan penyempurnaan dan penyempurnaan pada mesin pengembangan Alva One XP. Hal ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan pengemudi selama perjalanan.

“Mereka juga meningkatkan center drive untuk melihat jalan-jalan Indonesia. Tapi performanya masih sama, keandalannya kita tingkatkan,” kata Putu, Rabu (3/6/2024) di Bintaro, Tangsel, kepada wartawan.

Selain itu, perubahan juga dilakukan pada layar TFT Alva One XP yang menggunakan sensor adaptif untuk beradaptasi dengan cahaya dan cuaca sekitar. Meski permasalahannya sama, ada beberapa hal yang berubah.

“Kita tahu cuaca di Indonesia panas sekali, jadi kalau jalan siang hari tidak terlihat, makanya kita ubah dan perbarui TFT adaptifnya. Jadi kalau masuk terowongan, (panel pengukur) terbuka. segera,” katanya.

Dari segi dimensi, Alva One XP memiliki panjang 1960 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1200 mm. Sedangkan wheelbase panjangnya 1.370 mm dan ground clearance 135 mm.

Dari sektor sasis, Alva One XP menggunakan ban depan berukuran 90/90 R14, sedangkan ban belakang berukuran 110/80 R 14. Sedangkan suspensinya teleskopik di depan dan monoshock di belakang.

Sepeda listrik ini diklaim lebih baik dari segi konektivitas karena dilengkapi aplikasi yang dapat menghubungkan pengendara dengan sepeda melalui smartphone. Ini juga mencakup fitur-fitur terbaru seperti pemantauan kesehatan baterai, pelacakan peta langsung, riwayat dan analisis perjalanan, dan berbagi media sosial.

Alva One XP dijual dengan harga prasubsidi Rp 38,5 juta, berstatus on-the-road (OTR) di Jakarta. Perlu diketahui, harga tersebut belum termasuk potongan subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *