5 Peluang Cuan di Sektor Agribisnis yang Bisa Dicoba

JAKARTA – Peluang mencari uang di sektor pertanian ini patut dicoba. Peluang bisnis ini layak untuk dicoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Agribisnis adalah suatu usaha yang bertumpu pada usaha pertanian atau bidang penunjang lainnya, baik pada sektor hulu maupun hilir. Banyak orang yang tertarik dan ingin mengelola usaha pertanian ini karena tidak memerlukan modal usaha yang besar. Anda sebagai pengelola perusahaan juga bisa mendapatkan sedikit keuntungan.

Melansir Instagram Kementerian Pertanian, Senin (22/7/2024), berikut 5 peluang agribisnis yang bisa Anda coba:

1. Budidaya tanaman hias

Tanaman hias terkadang bisa menjadi pilihan terbaik untuk memulai usaha di bidang pertanian karena tidak sulit dalam merawat dan memasarkannya. Tanaman hias yang banyak digemari masyarakat antara lain anggrek, mawar, lili, kaktus dan lain-lain.

2. Budidaya tanaman obat

Tanaman obat yang bisa dibudidayakan dan laris di pasaran, seperti jahe yang banyak manfaatnya, lidah buaya untuk kesehatan rambut. Budidaya tanaman obat tidak memerlukan lahan yang luas.

3. Jual bibit tanaman

Dalam menjual berbagai jenis bibit tanaman tentunya harus didukung dengan ilmu pengetahuan yang baik dan kompeten, sehingga bibit yang dihasilkan memiliki kualitas yang unggul. Setelah Anda menemukan formula benih unggul yang tepat, benih tersebut dapat dikemas dalam kantong plastik dan dijual secara online atau offline.

4. Budidaya sayur dan buah organik

Seiring dengan banyaknya tren hidup sehat, buah dan sayur organik semakin digemari karena bebas bahan kimia berbahaya seperti pestisida. Pertanian organik memiliki prospek yang baik khususnya di Indonesia, karena buah dan sayur organik dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan produk pertanian konvensional.

5. Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena tanaman hasil hidroponik sering dicari oleh restoran dan pasar. Tanaman hidroponik tidak menggunakan pestisida dan lebih higienis karena tidak menyentuh tanah dan tidak mudah terserang hama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *