Kenali 3 Fungsi Utama Oli Gardan pada Motor Matik, Wajib Diganti Teratur!

Sepeda motor mandiri tidak hanya membutuhkan oli mesin tetapi juga oli gardan yang harus diganti secara berkala. Fluida ini berfungsi sebagai pelumas, memperlancar pergerakan komponen rasio roda gigi dan mengurangi gesekan.

Lantas, apa fungsi utama oli gardan pada sepeda motor matic?

Baca Juga: Lakukan Sendiri Ganti Oli Gardan Sepeda Motor

Dilansir dari beberapa sumber, berikut tiga fungsi utama oli gardan pada kendaraan otonom:

1. Pengumuman kinerja penyiaran

Salah satu fungsi oli gardan pada sepeda motor mandiri adalah untuk memperlancar proses transmisi. Sistem transmisi merupakan pengalihan percepatan dari mesin ke torsi dan kecepatan variabel, yang kemudian ditransfer ke final drive.

Oli gardan yang dalam kondisi baik akan memudahkan kerja transmisi karena bergerak melumasi seluruh sistem transmisi. Ganti oli gardan secara berkala agar komponen CVT dan sistem internal lebih awet.

2. Perawatan dan keausan suku cadang

Oli yang terbentuk secara alami akan berperan sebagai pelapis seluruh bagian dalam sepeda motor. Termasuk pada sistem transmisi dan rasio gigi pada sepeda motor matic.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Agar Motor Anda Tetap Dalam Kondisi Baik Lebih Lama

Pasalnya oli tidak hanya sekedar keluar, namun bisa masuk meski melalui celah kecil yang menjaga dan menahan tekanan kerja dan temperatur tinggi untuk daya pelumas.

3. Pergerakan perpindahan menjadi lebih mudah

Fungsi oli gardan pada sepeda motor mandiri selanjutnya adalah untuk melancarkan transmisi.

Oli gardan juga berperan sebagai pendukung perubahan kecepatan yang konstan dan drastis. Dengan mengganti oli gardan secara rutin, hasilnya adalah CVT internal dan rasio gigi akan terlumasi lebih baik serta gesekan dan kebisingan pada drivetrain sepeda motor akan berkurang.

Hal ini membuat suara CVT dan perubahan akselerasi menjadi lebih halus serta meningkatkan kenyamanan berkendara tanpa gangguan kebisingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *