Pelajar Indonesia di Turki Jalani Pengabdian Masyarakat Desa Kelawi Lampung

JAKARTA – Mahasiswa Indonesia asal Bursa, Turki bersiap melaksanakan PRUSA sebagai proyek pengabdian masyarakat di Desa Kelavi, Provinsi Lampung. Acara Pelajar Indonesia di Bursa atau yang dikenal dengan PRUSA akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Agustus 2024 hingga 18 Agustus 2024.

PRUSA merupakan program kerja Departemen Sosial dan Budaya Bursa Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Turki. Seluruh tim yang terlibat dalam kegiatan PRUSA terdiri dari mahasiswa Indonesia asal Bursa, Turki, yang akan menghabiskan liburan musim panasnya di Indonesia pada bulan Agustus.

Sejauh ini PRUSA telah melatih seluruh tim relawan yang pasti akan berangkat ke lokasi kegiatan, melakukan pembekalan intensif sebanyak 3 kali baik oleh penanggung jawab kegiatan maupun pemateri.

Selain itu, kegiatan PRUSA juga diketahui langsung dan didukung oleh KBRI Ankara, KJRI Istanbul, dan berbagai institusi pemerintah terkait. Kegiatan PRUSA ini juga akan memperkenalkan masyarakat Turki langsung dari salah satu komunitas relawan Turki, DAMLA.

Beberapa tujuan kegiatan yang tidak biasa juga disiapkan untuk dilaksanakan pada kegiatan PRUSA ini, seperti workshop edukasi bagi siswa SMA di desa Kelavi, makan bersama seluruh siswa dan warga desa setempat, serta mengenal budaya Turki EBRU.

“Peluang Pendidikan di Negara Ottoman” adalah tema kegiatan seminar pendidikan untuk siswa sekolah menengah atas di pedesaan. Di bidang pendidikan, tujuan kegiatan PRUSA adalah proses belajar mengajar yang diikuti 150 siswa, serta pembelajaran bahasa Arab dan membaca Al-Qur’an.

Dari bidang ekonomi, PRUSA meluncurkan workshop UMKM pemberdayaan kelapa di desa Kelavi. Tentu saja PRUSA juga fokus pada bidang lingkungan hidup, salah satu proyek yang akan dilaksanakan adalah “Pelicans” yakni Peduli Lingkungan Terbuka. Di bidang pariwisata, PRUSA akan mengadakan program pelatihan bahasa Inggris yang melibatkan pemandu wisata bersama 50 warga, mengadakan seminar pariwisata pesona alam Desa Kelavi dan mempromosikan pariwisata lokal.

Kegiatan PRUSA tahun ini diharapkan dapat menunjukkan peran seluruh mahasiswa Indonesia dalam komitmennya terhadap negara, dengan terus mendukung pilar Indonesia Emas 2045. Dengan dilaksanakannya kegiatan PRUSA tersebut maka akan timbul dampak dan kesan positif pengetahuan yang dapat terbentuk antara pihak-pihak mengenai Turki dan Indonesia dalam bidang pendidikan, perekonomian, sosial budaya, pariwisata dan lingkungan hidup.

Pengarang : Sultan Abrar

Siswa SMA İmam Hatip Murat Hüdavendigar Bursa

Kementerian Agama dan Pendidikan Bahasa Turki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *