Ini Latar Belakang Pendidikan Yasonna Laoly, Menteri yang Kena Reshuffle Kabinet Jokowi

JAKARTA – Hal inilah yang melatarbelakangi Yasonna Laoli, menteri yang terdampak reshuffle kabinet Jokowi. Yasonna Hamonangan Laoli adalah seorang politikus Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumkham) Republik Indonesia.

Ia merupakan salah satu menteri yang mengalami perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan digantikan oleh politikus Gerindra Supratman Andi Agtas.

Berikut rangkuman formasinya pada Selasa (20/8/2024):

Yasonna Hamonangan Laoli atau dikenal dengan nama Yasonna Laoli, lahir pada tanggal 27 Mei 1953 di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Yasonna memulai pendidikannya di SD Katolik Sibolgi pada tahun 1959 hingga 1965, kemudian di SMA Katolik Sibolgi pada tahun 1965 hingga 1968 dan SMA Katolik Sibolgi pada tahun 1968 hingga 1972 sebelum memutuskan pindah ke kota Medan.

Yasonna, 25, lulus sebagai pengacara pada tahun 1978 setelah belajar selama empat tahun di Universitas Sumatera Utara.

Sejak kuliah, Yasonna telah terlibat dalam berbagai kegiatan dan organisasi, antara lain menjadi Ketua Umum Persatuan Mahasiswa Nias, serta anggota GMKI dan KNPI Medan.

Pada tahun 1980 hingga 1983, beliau menjabat sebagai asisten dekan di Universitas F.H. Nomensen Medan, dan kemudian praktek administrasi pendidikan tinggi di Roanoke College di Salem, Virginia, AS pada tahun 1983 hingga 1984.

Ia juga memperoleh gelar Master of Science dari Virginia Commonwealth University di AS dan gelar Doctor of Science (Ph.D.) dari North Carolina State University di AS setelah menyelesaikan program kedokteran di Negeri Paman Sam.

Karir Yasonna membaik setelah kembali dari Amerika. Beliau melanjutkan karirnya dengan menjabat sebagai Ketua Jurusan Hukum Perdata Universitas HKBP Nommensen Medan dan kemudian menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan.

Setelah berkecimpung di dunia pendidikan selama 19 tahun, ia memulai karir politiknya dengan menjadi politisi di PDI Perjuangan. Hingga terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara periode 1999-2004.

Karir Yasonna terus menanjak pada pemilu berikutnya: ia terpilih menjadi wakil DPR Pusat pada tahun 2004–2009. Ia kemudian terpilih kembali menjadi anggota DPR RI pada tahun 2009 hingga 2014, hingga diangkat menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia oleh Presiden Jokowi pada Kabinet Kerja 2014-2019.

Berikut gelar-gelar yang berhasil diraih Yasonna.

1. Sarjana Hukum (S1): Yasonna Laoli menerima gelar Sarjana Hukum dari USU Medan. USU merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang terkenal dengan program studi hukumnya.

2. Magister Hukum (S2): Yasonna melanjutkan studi ke jenjang Magister setelah mendapat gelar Sarjana. Beliau memperoleh gelar Master of Laws (LL.M) dari Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat.

3. JD (S3): Yasonna Laoli juga menerima gelar JD dari North Carolina State University di Amerika. Berkat pendidikan doktoralnya, pengetahuan dan keterampilannya di bidang hukum meningkat sehingga memudahkan karirnya di pemerintahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *