Shin Tae-yong Berani Contek Ide Didier Deschamps dan Marcelo Bielsa demi Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026?

SHIN Tae-yong berani tiru pemikiran Didier Deschamps dan Marcelo Bielsa soal Kualifikasi Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026? Timnas Indonesia akan menghadapi lawan berat di Grup C babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia.

Lawan yang dihadapi Timnas Indonesia selalu menjadi pemain reguler Piala Dunia seperti Jepang, Australia, dan Arab Saudi. Belum lagi Bahrain dan China yang bisa menyulitkan tim Garuda.

(Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia telah mencapai babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia. (Foto: PSSI)

Nantinya, seluruh tim akan memainkan 10 pertandingan dan rincian lima pertandingan kandang dan tandang. Tim yang finis di posisi dua teratas berhak mengikuti WC 2026.

Sedangkan tim peringkat ketiga dan keempat akan melanjutkan perjalanannya di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia. Untuk bisa bersaing dengan negara-negara di atas, Timnas Indonesia membutuhkan lebih banyak pemain diaspora.

PSSI dikabarkan mendekati Ole Romeny (FC Utrecht) dan Kevin Diks (FC Copenhagen) untuk memperkuat skuad. Selain dua nama di atas, tak ada salahnya Shin Tae-yong memanggil pemain senior ke tim Garuda.

Tak rutin bermain, namun memberikan motivasi ekstra kepada Marcelino Ferdinand dan kawan-kawan. Didier Deschamps pernah melakukannya bersama timnas Prancis dan Marcelo Bielsa bersama timnas Uruguay.

Deschamps memboyong Olivier Giroud yang berusia 37 tahun ke Euro 2024. Mantan penyerang AC Milan itu hanya tampil sebagai pemain pengganti di tiga laga penyisihan grup. Kemudian, di babak enam belas besar dan perempat final, mantan penyerang Arsenal itu sama sekali tidak dimainkan.

(Tugas Olivier Giroud (kedua dari kanan) adalah memotivasi para pemain Timnas Prancis di Euro 2024. (Foto: REUTERS)

Kehadiran Giroud di sini untuk memotivasi pemain muda seperti Kylian Mbappe agar haus kemenangan. Sementara itu, pemain Uruguay Marcelo Bielsa memanggil striker berusia 37 tahun Luis Suarez untuk Copa America 2024.

Luis Suarez baru bermain dua kali dari empat laga Uruguay di Copa America 2024. Total, Luis Suarez baru bermain 11 menit. Kehadiran Luis Suarez membawa dampak positif bagi mental para pemainnya, termasuk saat mengalahkan Brasil di perempat final Copa America 2024 lewat adu penalti.

Maka dari itu, tak ada salahnya Shin Tae-yong memanggil pemain lawas seperti Boaz Solossa yang kini sudah berusia 38 tahun. Kehadiran eks Bomber Persipura Jayapura dan penggawa Timnas Indonesia itu diharapkan menambah motivasi bermain timnas Indonesia, khususnya di lini depan tim Garuda yang sudah terpuruk dalam tiga laga terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *