Menteri PUPR Bocorkan Skema Pemisahan Kementerian PU dan Perumahan

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemisahan Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Perumahan Rakyat akan mengembalikan fokus kerja masing-masing instansi.

“Kalau saya bilang organisasi itu hanya sekedar jalan keluar, awalnya PU, lalu jadi PU yang ada listriknya, lalu jadi PUPR, kalau mau dipecah lagi, Kementerian Perumahan Rakyat, ada. Tidak masalah. kata Basuki dalam rapat di Komplek DPR RI, Senin (9/9/2024).

Pak Basuki nantinya mengatakan, setelah pemekaran kementerian ini, Kementerian Pekerjaan Umum akan fokus membangun industri konstruksi di dalam negeri.

“Yang saya lihat dari Pak Hasyim (Satgas Perumahan Prabowo), ini mengembalikan peran Kementerian PU (Pekerjaan Umum) sebagai bisnis utama PU, jadi hanya membangun lingkungan, karya kreatif dan sumber daya, itu bagus,” kata Basuki.

Jadi, menurut Basuki, Kementerian Pekerjaan Umum bisa lebih fokus pada kualitas pekerjaan konstruksi, seperti jalan dan jembatan, bangunan perumahan dan kawasan, sumber daya air, dan fasilitas perumahan.

“Karena PU adalah pembangun pekerjaan konstruksi, aturan konstruksinya ada di Kementerian PUPR, yang lain ikuti, jadi tidak ada masalah,” tutupnya.

Sebagai informasi latar belakang, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan pemerintahan Prabowo-Gibran akan memulai kembali Kementerian Perumahan Rakyat.

Ketua Satgas Perumahan Presiden terpilih Prabowo Subianto, Hashim mengatakan pembentukan Kementerian Perumahan Rakyat akan memisahkannya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Langkah Kementerian ini merupakan wujud komitmen Prabowo dan Gibran dalam mengembangkan sektor perumahan.

Artinya Kementerian PUPR akan tetap menjadi Kementerian PUPR, akan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan gedung PU, rumah-rumah penting. Dan ini menunjukkan komitmen Pak Prabowo Mas Gibran kepada kami untuk mendorong pembangunan, kata Hashima. dikutip (31/8).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *