Kenapa Pemain Berkelas Thom Haye Masih Kesulitan Dapat Klub Baru?

MENGAPA pemain hebat seperti Tom Haye masih kesulitan mencari klub baru? Ternyata memang demikian.

Timnas India akan menghadapi tim Arab Saudi pada laga pertama babak ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 kawasan Asia. Namun di tim yang dibawakan Shin Tae-yeon ini ada yang tidak biasa, yakni tidak ada satu pun pemainnya yang memiliki klub.

Dia adalah Tom Hay. Gelandang utama timnas Indonesia ini, kariernya di Eropa masih berada di udara. Bukan sekedar mondar-mandir, bisa dibilang belum jelas karena belum ada klub, meski bursa transfer ditutup.

Artinya, pemain bernama Te Ahorangi tidak akan bermain di level klub tahun ini. Paling tidak, ia akan menepi hingga pertengahan musim, saat bursa transfer dibuka musim dingin mendatang.

Masyarakat Indonesia bertanya-tanya mengapa pemain hebat seperti Tom Haye masih kesulitan mencari klub baru. Secara keseluruhan, pemain berusia 29 tahun ini memiliki skill yang sangat baik dan statistik yang bagus di klub terakhirnya, SC Heerenveen.

Jadi tidak ada klub yang tertarik padanya? Tentu saja ada.

Berbagai laporan menyebutkan banyak tim yang tertarik dengan kemampuan Haye dan berusaha merekrutnya. Namun, saat ini belum ada rekomendasi yang cocok untuk atlet yang lebih suka memakai kaus kaki pendek saat bertanding.

Fortuna Sittard menjadi salah satu tim yang mendatangkan pemain tersebut. Namun Haye tidak menawarkannya karena nilai kontraknya sesuai keinginannya.

Pemain asal Belanda itu juga tidak melihat rencana jangka panjang dalam kontrak yang diajukan. Satu lagi, dia masih ingin bermain di luar Liga Belanda.

Sejumlah klub di luar Belanda pun dikabarkan meminati jasa pesepakbola Tanah Air tersebut. Dua tim Turki, Besiktas dan Sivasspor, serta tim Ligue 1 Prancis OGC Nice, termasuk di antara tim yang telah mengajukan tawaran. Tapi tidak ada yang berhasil menemukannya.

Tentu saja alasan Haye kesulitan mencari klub baru bukan karena dia tidak akan dijual. Namun, biaya kontrak dan keinginan bermain di luar negeri menghalanginya untuk mendapatkan tiket.

Oleh karena itu, Tom Haye menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tanpa klub, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *