Ini Syarat Pemain Timnas Indonesia Main di Klub Pengusaha asal Indonesia Oxford United

Menarik untuk mengulik tuntutan pemain Timnas Indonesia untuk bermain di Oxford United, klub milik pengusaha Indonesia. Karena Oxford United tahu bahwa musim depan mereka sudah mendapatkan promosi ke Championship atau kompetisi divisi dua di Inggris.

Oxford United diketahui dimiliki oleh pengusaha Indonesia Anindhya Bakri dan Eric Thohir. Oxford United mendapatkan promosi ke Championship setelah mengalahkan Bolton di play-off League One.

Oxford United menang 2-0 di Stadion Wembley pada Sabtu 18 Mei 2024. Josh Murphy mencetak dua gol untuk Oxford United pada menit ke-31 dan ke-42.

Usai kampanye sukses, apakah pemain timnas Indonesia akan direkrut membela Oxford United? Para pemain timnas Indonesia ternyata harus mengikuti beberapa syarat dan aturan untuk bisa bermain di Liga Inggris.

Pasalnya, Liga Inggris memiliki aturan ketat terkait pemain non-Eropa. Salah satunya adalah pemain non-Eropa tidak diperbolehkan bermain di Liga Inggris jika negaranya berada di bawah peringkat 50 peringkat FIFA.

Diketahui, Timnas Indonesia masih berada di peringkat 134 ranking FIFA. Meski tak memenuhi ketentuan tersebut, ada syarat lain bagi pemain nasional Indonesia untuk tetap bermain di klub Liga Inggris.

Salah satu yang bisa dijadikan acuan adalah pemain non-Eropa bisa bermain di Liga Inggris jika minimal memainkan 75 persen pertandingan internasionalnya bersama timnas senior. Hal ini pasti terjadi dalam dua tahun terakhir.

Selain itu, ada aturan yang menyatakan pemain di bawah usia 21 tahun masih diperbolehkan bermain di Liga Inggris jika memenuhi syarat sebagai pemain domestik. Pemain memperoleh status negara asal ketika mereka telah bergabung dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris setidaknya selama tiga tahun sebelum berusia 21 tahun.

Di Liga Inggris sendiri, setiap klub wajib mendaftarkan delapan pemain berstatus domestik dari 25 pemain tim utama setiap musimnya. Status lokal tidak bergantung pada negara mana pemain tersebut berasal.

Dengan rangkaian kondisi tersebut, para pemain Timnas Indonesia masih berpeluang bersaing dengan Oxford United di Liga Inggris. Apalagi, beberapa pemain muda Indonesia tampil apik selama periode ini.

Kini, menarik dinantikan langkah lanjutan Oxford United dalam merekrut pemain guna memperkuat skuadnya. Apakah mereka juga melibatkan pemain timnas Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *