UEFA Rilis Starting XI Terbaik Euro 2024: Spanyol Dominasi, Inggris Cuma Kirim 1 Wakil

BERLIN – Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengumumkan daftar starting Eleven terbaik Euro 2024. Terlihat Timnas Spanyol (Timanas) yang menjadi juara berhasil mengirimkan enam pemainnya ke dalam 11 pemain teratas. Namun Inggris yang finis sebagai runner-up hanya mengirimkan satu wakilnya.

Dua full-back asal Spanyol, Nico Williams dan Lamin Yamal, masing-masing menempati pos kanan dan kiri di baris pertama daftar tim terbaik. Kedua pemain tersebut berperan besar dalam kemenangan tim asuhan Luis de la Fuente di Piala Eropa 2024.

Dalam tujuh pertandingan, Yamal sukses membukukan satu gol dan empat assist untuk La Furia Roja, gelar juara timnas Spanyol. Penampilan impresif pemain berusia 17 tahun asal Barcelona itu pun membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai pemain muda terbaik Piala Eropa 2024.

Sementara itu, Williams mencetak dua gol dan satu assist dalam tujuh pertandingan final Piala Eropa 2024, membawa Spanyol menang 2-1 lewat assist Yamal.

Posisi penyerang terbaik diraih gelandang serang Jerman Jamal Musyala yang mencetak tiga gol dalam lima pertandingan. Wajar jika seorang striker murni tidak masuk dalam tim terbaik ini karena ia tidak tampil baik selama turnamen.

Di lini tengah, trio Spanyol menjadi yang terbaik di tim ini, yakni Dani Olmo, Fabian Ruiz, dan Rodrigo. Olmo awalnya bermain sebagai pemain pengganti di Spanyol, hingga Padre cedera di babak perempat final, sehingga ia menggantikannya sebagai starter.

Gelandang serang Red Bull Leipzig itu tampil dalam enam pertandingan, menghasilkan tiga gol dan dua assist. Selain itu, Fabian Ruiz mencetak dua gol dan dua assist dalam 6 pertandingan dimana ia juga menjadi pemain dengan steal terbanyak dari lawan sepanjang turnamen.

Bagi Rodri, perannya sangat penting sebagai poros permainan di lini tengah Spanyol. Dia memainkan enam pertandingan dan mencetak satu gol. Selain itu, ia sangat kuat dalam bertahan sehingga layak meraih penghargaan pemain terbaik Piala Eropa 2024.

Pemain Spanyol lainnya yang masuk dalam daftar tim terbaik Piala Eropa 2024 adalah Marc Cucurella yang menempati posisi bek kiri. Sebuah assist di final atas gol Mikel Oyarzabal menjadi penentu kemenangan timnya atas Inggris.

Sedangkan Kyle Walker dari Inggris menempati posisi bek kanan. Setelah itu, bek tengah terbaik turnamen ini adalah William Lantasa asal Prancis dan Manuel Akanji dari Swiss. Pada akhirnya, posisi penjaga gawang terbaik jatuh ke tangan kiper Prancis Mike Magnon yang tampil impresif membawa timnya meraih target tertinggi turnamen dan sebelum mencapai babak semifinal.

Daftar tim terbaik Piala Eropa 2024:

Kiper: Mike Magnan (Prancis)

Bek: Kyle Walker (Inggris), Manuel Akanji (Swiss), William Lintassa (Prancis), Marc Cucharella (Spanyol)

Gelandang: Dani Olmo (Spanyol), Fabián Ruiz (Spanyol), Rodri (Spanyol)

Penyerang: Lamin Yamal (Spanyol), Nico Williams (Spanyol), Jamal Musala (Jerman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *