Jadi Lifter Indonesia Pertama yang Raih Medali Emas Olimpiade, Rizki Juniansyah Doakan Angkat Besi Tanah Air Makin Berjaya

PARIS – Cabang olahraga angkat besi Indonesia akhirnya pertama kali mencicipi emas berkat Risky Juniansyah. Risky pun berharap kemenangannya meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 menjadi momen membanggakan bagi angkat besi Tanah Air.

Bertanding di kategori 73kg putra, Risky berhasil meraih medali emas usai mengangkat total angkatan 354kg di South Paris Arena 6, Paris, WIB, Prancis, Jumat (9/8/2024). Prestasi ini mencakup 155 kg pada angkatan merebut dan 199 kg pada angkatan bersih dan brengsek.

Atlet berusia 21 tahun itu menciptakan berbagai sejarah atas prestasinya tersebut. Risky menjadi lifter Indonesia pertama yang meraih medali emas di Olimpiade.

Risky sangat senang bisa berkontribusi meraih medali emas pertama di cabang angkat besi. Maka, medali tersebut ia persembahkan kepada salah satu atlet angkat besi Indonesia.

“Alhamdulillah saya sangat berterima kasih kepada SWT yang telah mengukir sejarah dengan meraih medali emas pertama angkat besi di olimpiade. “Ini untuk atlet angkat besi Indonesia,” kata Risky dalam rilis NOC Indonesia, Sabtu (10/8/2024).

Ia pun menyerahkan medalinya kepada semua pihak yang mendukungnya. Dan Risky mempersembahkan medali emas tersebut pada 17 Agustus lalu sebagai kado HUT Indonesia ke-79.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan baik dari masyarakat, Pak Rawson, Joko Pramono, pelatih, keluarga, CDM Anin, Raja Sapta Oktohari, keluarga Manpora, Serang, Bantan, Bulldog Jim, bapak angkat saya,” ujarnya. dikatakan.

“Saya tidak bisa menyebutkan nama mereka satu per satu. Terima kasih, ini untuk HUT RI yang ke 79, jelas Risky.

Selain menjadi lifter Indonesia pertama yang meraih medali emas di Olimpiade, Risky kembali mencatatkan rekor hebat. Ia berhasil mencetak rekor Olimpiade baru untuk clean and jerk. Risky sebelumnya mengalahkan Shi Xiong dari China yang menjadi juara kategori 198kg di Olimpiade Tokyo 2020.

Prestasi yang diraih Risky membuat Indonesia untuk sementara meraih dua medali emas dan satu perunggu di Olimpiade Paris 2024, sebelumnya Vedric Leonardo meraih emas panjat tebing dan perunggu Gregoria Mariska Tunjung di bulu tangkis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *