Hantaru 2024, AHY Jamin Kepastian Hukum Hak Atas Tanah Masyarakat

JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan soal hukum penetapan hak atas tanah masyarakat. Ia juga meminta jajaran Kementerian ATR/BPN terus berupaya memenuhi harapan masyarakat.

“Kementerian ATR/BPN mempunyai peran yang sangat strategis dalam implementasi visi Indonesia Emas 2045. Penetapan hukum hak atas tanah merupakan nilai penting untuk menciptakan landasan bagi masyarakat agar tanah yang dikuasainya diakui secara sah oleh negara. pemerintah. negara,” kata Menkeu dalam sambutan AHY pada Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) Tahun 2024 di Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Menurut AHY, perwujudan Indonesia Emas 2045 dilakukan melalui berbagai program dan prestasi yang diraih Kementerian ATR/BPN. Diawali dengan percepatan legalisasi aset melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang mencapai 117,9 juta bidang tanah; Penerbitan Sertifikat Tanah Elektronik meningkat yaitu sebanyak 1.112.879 Sertifikat Tanah Elektronik diterbitkan di 465 Kantor Pertanahan dari total 486 Kantor Pertanahan di Indonesia.

Program strategis lainnya adalah memberikan dukungan dalam rangka penyediaan Penataan Ruang. Sejauh ini, 516 Rencana Detail Tata Ruang (RDPR) telah dilaksanakan dari target RDTR tahun 2000. Di sini, sebanyak 260 RDTR terintegrasi dengan sistem Online Single Submission (OSS).

Selain itu, Kementerian ATR/BPN berhasil menertibkan kejahatan pertanahan yang dilakukan mafia tanah dengan potensi kerugian negara hingga Rp 5,71 triliun.

Capaian beberapa program strategis Kementerian ATR/BPN juga telah mendapatkan beberapa penghargaan dan dinilai serta diapresiasi tinggi oleh lembaga internasional dan lokal. Pencapaian tersebut menjadi motivasi bagi jajaran Kementerian ATR/BPN untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan pertanahan terbaik kepada masyarakat Indonesia.

“Prestasi dan penghargaan ini memberikan keyakinan dan kepercayaan kepada kita untuk terus bergerak menuju Indonesia Emas 2045 dan pembangunan berkelanjutan,” kata Menteri AHY.

“Pada kesempatan yang baik ini, selaku Kepala ATR/BPN, izinkan saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, keikhlasan, dan keikhlasan yang ditunjukkan Kementerian ATR/BPN di seluruh jajaran. Bagaimana pun, kami berharap kerja kami membuahkan hasil dan mendapat apresiasi serta simpati dari semua pihak,” pungkas Menteri AHY.

Pada Upacara Peringatan HANTARU 2024, Menteri AHY menyerahkan Penghargaan Kehormatan Satyalanjana Karya Satya kepada para pekerja yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun. Menteri AHY juga menyerahkan pin emas dan sertifikat penghargaan kepada sembilan pensiunan yang bertugas di Kementerian ATR/BPN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *