Latar Belakang Pendidikan Hilmi Panigoro, Pemilik Smelter Tembaga Rp21 Triliun yang Disinggung Bahlil

JAKARTA- Latar belakang pendidikan Hilmi Panigoro, pemilik smelter tembaga senilai Rp 21 triliun yang disebutkan Balil.

Beliau juga merupakan Ketua Medco Energi Internasional. Bahkan ada yang bertanya-tanya tentang kesuksesan pendidikannya yang menjadikannya seorang wirausaha.

Tingkat pendidikan Hilmi Panigoro, pemilik pengecoran tembaga senilai Rp 21 triliun yang disebutkan Bahlil, cukup baik.

Beliau merupakan Warga Negara Indonesia kelahiran Bandung pada tanggal 4 April 1955. Beliau juga merupakan lulusan Teknik Geologi dari Institut Teknologi Bandung, Indonesia (1981). Beliau kemudian mengikuti MBA Core Program di Thunderbird University, AS (1984) dan memperoleh gelar master dari Colorado School of Mines, AS (1988).

Sebelumnya beliau menjabat sebagai Komisaris Utama (2008-2015), Direktur Utama (2001-2008), dan Direktur (1998-2001); Diangkat menjadi Direktur Utama MedcoEnergi berdasarkan keputusan RUPSLB tanggal 25 November 2015; Beliau adalah anggota Komite Manajemen Risiko dan menjabat sebagai Direktur dan Komisaris di berbagai perusahaan grup bisnis MedcoEnergi.

Sedangkan menurut data Forbes, Hilmi masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia tahun 2023 dengan kekayaan senilai $2,8 miliar atau Rp42,5 triliun. Dengan kekayaannya tersebut, Hilmi Panigoro menempati urutan ke-28 dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia tahun 2023 versi Forbes.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia menyoroti smelter tembaga Amman Mineral di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan smelter pertama di Indonesia yang dimiliki sepenuhnya oleh pengusaha nasional.

“Saya patut bangga Pak Presiden, karena ini smelter pertama yang dimiliki oleh pengusaha lokal. Ini bukan milik asing. Oleh karena itu, harus saya sampaikan bahwa seluruh direksi, termasuk Pak Hilmi, adalah perusahaan yang telah mendirikan pabrik ini Bahlil, Tepi Barat Amman Mineral International Tbk Pembukaan Pabrik Peleburan Tembaga dan Pemurnian Logam Mulia di Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara disaksikan secara virtual oleh MNC Portal Indonesia pada Senin (23//2018).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *