Kisah Justin Hubner yang Rela Kehilangan Banyak Keistimewaan demi Bela Timnas Indonesia

Kisah Justin Hubner yang rela kehilangan banyak hak istimewa demi membela Timnas Indonesia menarik untuk diulas. Sebab, pengorbanan sang pemain sangatlah besar.

Hubner merupakan salah satu pemain legacy yang dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia. Ia resmi menjadi warga negara Indonesia sejak 6 Desember 2023.

Untuk menjadi warga negara Indonesia, Habner harus melepaskan paspor dan kewarganegaraan Belandanya. Tentu saja hal ini membuat sang pemain harus kehilangan sejumlah keistimewaan untuk bisa membela timnas Indonesia.

Salah satunya, Hübner, menjadi orang asing di tanah kelahirannya sendiri, Belanda. Belum lagi, ia harus mengajukan izin kerja sebagai pemain asing non-UE.

Andai masih memiliki paspor Belanda, Hubner tak akan kesulitan mengurus izin kerja selama bermain di Benua Biru. Sebab, ada keistimewaan khusus bagi pekerja di negara-negara yang berbendera Uni Eropa.

Tak hanya itu, saat ini Hubner sangat sulit mendapatkan izin kerja jika pindah ke klub lain di Inggris, apalagi klub papan atas (Premier League). Pasalnya, ada aturan ketat dalam mengeluarkan izin kerja dan salah satunya adalah peringkat negara asal pemain di FIFA.

Meski demikian, Hubner mengaku senang bisa menjadi bagian dari timnas Indonesia. Menurutnya, suatu kehormatan bisa bermain untuk skuad Garuda.

“Saya berharap timnas kita pasti bisa lolos ke Piala Dunia. Kita ingin mengharumkan nama Indonesia dengan apa yang kita lakukan,” kata Hubner saat resmi menjadi WNI pada Desember 2023.

“Saya bangga sekali. Ya tentu bangga sekali bisa bermain untuk timnas Indonesia,” imbuhnya.

Begitulah kisah Justin Hubner yang rela kehilangan banyak hak istimewa demi membela timnas Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *