Kisah Pilu Zulkifli Syukur, Pernah Kalah Memalukan Bersama Timnas Indonesia hingga Pilih WO di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Okezone mengulas kisah sedih Zulkifli Syukur yang pernah kalah memalukan dari Timnas Indonesia dan melangkah jalan (WO) PON XXI Aceh-Sumut 2024. Nama Zulkifli Syukuri sempat menjadi sorotan di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024 timnya, Sulawesi Tengah menjadi korban keputusan kontroversial wasit Eko Agus Sugiharto.

Beberapa keputusan kontroversial diambil wasit Eko Agus Sugiharto saat memimpin laga perempat final sepak bola Aceh vs Sulawesi Tengah PON XXI Aceh-Sumut 2024 pada Sabtu, 14 September 2024 malam WIB. Wasit berusia 49 tahun itu terlihat menghadiahkan tiga kartu merah kepada Sulawesi Tengah dan dua penalti kepada Aceh.

(Zulkifli Syukur (kanan) meminta PSSI mencabut izin wasit pertandingan Aceh-Sulawesi Tengah. (Foto: Instagram/@zulkifli_03_syukur)

Pemain Sulawesi Tengah Muhammad Rizki Saputra yang muak dengan banyaknya keputusan aneh wasit, bahkan melontarkan pukulan ke wajah wasit. Hakim malah pingsan dan langsung dibawa ke ruang gawat darurat (IGD).

Laga Aceh vs Sulawesi Tengah berakhir 1-1 hingga waktu bermain normal berakhir. Saat pertandingan hendak dilanjutkan babak kedua berdurasi 2×15 menit, tidak ada satupun pemain maupun wasit Sulteng yang masuk ke lapangan.

Rupanya mereka memilih WO karena kecewa dengan keputusan wasit. Usai pertandingan, Zulkifli Syukur marah kepada wasit. Ia yakin PSSI akan mencabut izin wasit yang memimpin pertandingan.

Sebelum kekalahan tragis tersebut, Zulkifli Syukur juga pernah mengalaminya saat membela Timnas Indonesia sebagai pemain di Piala AFF 2010. Saat itu, di bawah kepemimpinan pelatih Alfredo Riedl, Timnas Indonesia unggul dari babak penyisihan grup. semifinal.

Pemain sayap kanan Zulkifli Syukur membantu timnas Indonesia mengalahkan Malaysia 5-1 dan Thailand 2-1 di babak penyisihan grup. Kemudian giliran Filipina di semifinal yang kalah agregat 2-0.

(Zulkifli Syukur memberikan instruksi kepada para pemain. (Foto: Instagram/@zulkifli_03_syukur)

Saat bertemu Malaysia di final Piala AFF 2010, Timnas Indonesia diunggulkan untuk dinobatkan sebagai juara. Titik perbandingannya adalah hasil 5:1 di babak penyisihan grup. Namun secara mengejutkan pada laga pertama final yang digelar di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, timnas Indonesia kalah dari Malaysia 0-3!

Meski menang 2-1 atas Malaysia pada leg kedua final yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karnon (SUGBK), Timnas Indonesia tetap gagal menjadi juara karena kalah agregat 2-4. Kekalahan dari Malaysia masih menjadi salah satu hasil buruk yang paling dikenang oleh para pecinta sepak bola Tanah Air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *