Kemenangan Dramatis Rizki Juniansyah di Angkat Besi Olimpiade Paris 2024: Tertinggal 10 Kg di Snatch, Permalukan Monster China hingga Pecahkan Rekor Olimpiade!

Okezone mengulas kemenangan dramatis Rizki Juniansyah yang meraih medali emas angkat besi 73kg di Olimpiade Paris 2024. Diposting oleh Rizki Juniansyah Jumat dini hari (8 September 2024) di WIB Paris Expo Porte de Versailles masuk kategori khusus.

Pasalnya, atlet angkat besi berusia 23 tahun itu tertinggal jauh dari atlet angkat besi China Shi Zhiyong di kelas merebut. Shi Zhiyong menjadi yang pertama merebut dengan berat 165 kg.

(Rizki Juniansyah hanya mengangkat beban 155 kg pada sesi cut. (Foto: Naif Muhammad/NOC Indonesia)

Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 dan Tokyo 2020 itu memiliki angkatan 155 kg, unggul 10 kg dari Rizki Juniansyah yang berada di peringkat kedua. Kondisi tersebut jelas semakin mendekatkan Shi Zhiyong untuk meraih medali emas ketiganya di Olimpiade, mengingat monster asal Tiongkok itu unggul jauh dari rival terdekatnya.

Namun, saat memasuki kelas Clean and Jerk, Lady Luck menjauhi Si Ji-yong. Shi Zhiyong mencoba bermain aman dengan mengangkat beban 191kg tetapi gagal!

Lifter berusia 31 tahun itu tak hanya sekali mencoba mengangkat beban 191 kg, melainkan tiga kali. Angka 191kg tersebut sebenarnya jauh lebih rendah dibandingkan rekor 198kg yang ia cetak di Olimpiade Tokyo 2020.

Rizki Juniansyah memanfaatkan sebagian besar syarat tersebut. Pada angkatan clean and jerk pertamanya, ia berusaha mengangkat beban 191 kg. Rizki Juniansyah yang gigih berhasil!

Namun angkat beban 191kg belum cukup bagi Rizki Juniansyah untuk meraih emas Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, total berat badan Rizki Juniansyah hanya 346 kg. Begitu pula dengan Weraphon Wichuma, yang juga merupakan atlet angkat besi asal Thailand. Total angkatan tercatat 346 kg.

Rizki Juniansyah sebenarnya hanya perlu mengangkat beban 192 kg di etape kedua untuk mengalahkan Weeraphon. Tapi Rizki Juniansyah ingin memecahkan rekor Olimpiade Shi Zhiyong dengan angkat beban 199kg!

Rizki Juniansyah pun berhasil mengangkat total angkatan 354 kg dan lolos meraih medali emas Olimpiade Paris 2024. Dia juga memecahkan rekor clean and jerk Olimpiade Shi Zhiyong dengan berat 198 kg.

(Rizki Juniansyah bangga bisa meraih medali emas Olimpiade Paris 2024. (Foto: Naif Muhammad/NOC Indonesia)

Ia juga memberikan medali emas kedua bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Tambahan medali ini mengantarkan delegasi Indonesia ke peringkat 28 klasemen perolehan medali Olimpiade Paris 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *