Ikut Ambil Bagian PON XXI Aceh-Sumut 2024, Kontingen IKN Diberangkatkan Mulai Hari Ini

BALIKPAPAN – Pasukan Ibu Kota Negara (IKN) atau Kontingen Nusantara akan mengikuti PON XXI Aceh-Sumut 2024. Mereka secara bertahap akan pindah ke Aceh dan Medan, Sumatera Utara mulai Senin (9/9/2024).

Seperti diketahui, pasukan Indonesia akan mengikuti PON periode ini. Atletnya antara lain putra dan putri lokal asal Kalimantan Timur.

Namun atlet yang ikut serta bukanlah atlet perwakilan provinsi Kalimantan Timur. Atlet yang keluar jalan mengikuti pemusatan latihan (TC) di Makassar, Jakarta, Surabaya, dan Brau.

Kekuatan Indonesia didasarkan pada lokasi pemusatan latihan (TC) masing-masing cabang olahraga (cabor) dari beberapa titik. KSAD Aliuddin mengatakan keikutsertaan pasukannya merupakan sebuah keistimewaan.

Aliuddin, dari rilis resmi Kontingen Nusantara, Senin (9/9/2024) mengatakan, “Alhamdulillah, atlet-atlet KONI kita mendapat keistimewaan untuk bertanding di PON Aceh-Sumut, meski tidak bertanding seperti dulu.

Tim Indonesia akan menjadi tamu kehormatan dan akan mempertandingkan beberapa cabang olahraga. Yang jelas, atlet-atlet grup Indonesia yang mengikuti kompetisi tersebut tidak dihitung dalam perolehan medali. .

“Saya jamin atlet-atlet kita akan mengikuti kompetisi secara penuh, tapi kalaupun mendapat medali, itu tidak dihitung,” kata Aliuddin.

“Bagi kami (tidak meraih medali) tidak menjadi masalah karena tujuan utama Nusantara mengikuti PON adalah bisa bersekutu dengan 38 provinsi lainnya. Di IKN tidak hanya pembangunan fisik tapi juga berbasis kecepatan. .”

Aliuddin mencatat, para atlet yang tergabung dalam delegasi Indonesia telah mendapat izin dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim. Sebanyak 60 atlet, pelatih, dan staf akan bertanding di cabang senam, dayung, panahan, dan renang.

“Kami juga sudah mendapat izin dari KONI Kaltim untuk meminjamkan atlet-atlet dari berbagai daerah di Kaltim (agar sukses di ajang mendatang).”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *