Siap-Siap, Harga Properti di Indonesia Bakal Makin Mahal Efek Ekonomi China Anjlok

JAKARTA – Siap-siap harga properti di Indonesia semakin mahal akibat perlambatan ekonomi China. Influencer real estate Anthony Sudarsono memproyeksikan harga real estate di Indonesia, khususnya di Jakarta, akan mengalami kenaikan.

Hal ini disebabkan melemahnya perekonomian Tiongkok yang berdampak pada sektor properti di Negeri Tirai Bambu tersebut. Anthony menjelaskan, melemahnya perekonomian Tiongkok akan membuat pelaku usaha atau investor lebih mencari pasar potensial dengan melihat pertumbuhan ekonomi nasional. Menurutnya, Indonesia merupakan kawasan dengan potensi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

“Sekarang banyak orang Tionghoa yang datang ke Indonesia, perekonomian Tiongkok sedang susah dan sulit sehingga mereka memilih instrumen atau sektor yang bisa menghasilkan uang dengan mudah. ​​Di Asia, Indonesia adalah pilihan yang tepat, karena masyarakat adalah konsumen,” kata Niaga dari CIMB. Acara Wealth Xpo di Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Menurutnya, situasi ini akan mengarah pada mekanisme pasar, di mana harga real estate akan naik secara perlahan karena permintaan yang relatif tinggi dari perwakilan dunia usaha di China dan juga dari negara lain.

Karena itu, Anthony mengatakan dukungan insentif pemerintah seperti label Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memiliki beberapa insentif khusus akan meningkatkan minat investor untuk menanamkan modalnya di dalam negeri.

Padahal, menurutnya, dalam 5-10 tahun ke depan jumlah penduduk keturunan Tionghoa di Indonesia akan semakin besar. Pasalnya, investor Tiongkok yang sedang mengembangkan usahanya enggan kembali ke negara asalnya karena usahanya sudah berjalan baik di Indonesia.

“Dalam 5-10 tahun ke depan kita akan bersaing dengan orang China. Sebab rata-rata mereka tidak berminat untuk kembali ke negaranya. Ini potensi besar jika ingin sendiri membeli di KEK, karena kebutuhannya ( dari investor China) sangat besar,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *