Segini Harta Kekayaan Jusuf Hamka hingga Berbagai Tol Miliknya

JAKARTA – Kekayaan Jusuf Hamka tentunya salah satunya berasal dari jalan tol. Berbagai daerah telah memiliki operator jalan tol, salah satunya di dalam kota.

Jusuf Khamka memiliki kekayaan bersih hingga Rp 15 triliun. Selain memiliki jalan tol di berbagai daerah, Jusuf Hamka juga diyakini memiliki properti bernilai tinggi.

Perusahaan milik Jusuf Hamka ini memiliki PT Citra Marga Nusafala Persada (CMNP). Jabatannya adalah: Komisaris Independen PT Indomobil Success International Tbk, Komisaris PT Citra Margatama Surabaya dan Komisaris PT Mitra Kultim Resource Indonesia.

Berikut perusahaan-perusahaan milik Jusuf Khamka di bidang jalan tol dari berbagai sumber:

1. Tol Ir. Viotto Wayno Kawang – Tanjung Priok

Jusuf merupakan pemilik PT Citra Marga Nusafala Persada (CMNP). PT CMNP diketahui berperan dalam pembangunan Tol Kawang-Tanjung Priok sepanjang 19,03 km.

2. Biaya Tempat Berlabuh

Setelah proyek tersebut selesai, pemerintah kembali mengandalkan CMNP untuk membangun jalan tol sepanjang 13,93 km dari Tanjung Priok hingga Pluit atau Jembaton Tiga.

Bagi warga Jakarta, ruas tol ini dikenal dengan nama Tol Ankol atau Pluit yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

3. Tol Depok – Antasari

Ruas Tol Depok-Antasari juga dimiliki oleh Jusuf Hamka melalui PT Citra Wasfutova. Jalan Tol yang sering disebut Tol Andara ini memiliki panjang kurang lebih 21 km dan merupakan salah satu ruas yang nantinya akan terhubung langsung dengan Kabupaten Bogor dan ruas JORR II yang sedang dalam tahap pembangunan.

4. Tol Lingkar Luar Bogor

Jusuf Khamka juga memegang konsesi tol Lingkar Luar Bogor yang panjangnya kurang lebih 11 km. Total investasi ruas Tol Lingkar Luar Bogor mencapai Rp 1,6 triliun dan selesai pada tahun 2009.

5. Tol Soran – Pasirkoja

Tol terpanjang milik Jusuf Hamka ini memiliki total panjang 10,55 km dan menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung. Tol Soroza ruas ini telah beroperasi sejak tahun 2017 dan sangat mudah diakses.

Jusuf Hamka memegang konsesi jalan tol sebesar 69,32% melalui anak usaha CMNP, PT Citra Marga Lintas Jaber.

6. Tol Waru-Juanda

Seolah tak ada habisnya, Jusuf Hamaka juga memiliki jalan tol di wilayah Jawa Timur. Perseroan memiliki konsesi sebesar 96,83% di Jalan Tol Waru-Juanda yang merupakan akses utama dari Bandara Juanda Surabaya. Selain Bandara Xuanda, jalan tol ini menghubungkan Kawasan Industri Rungkut dan panjangnya sekitar 12 km.

7. Jalan Tol Tsileunyi – Sumedang – Dawuan

Jusuf Hamaka menguasai 51% konsesi lahan di ruas tol sepanjang kurang lebih 60 km yang melalui PT Citra Karya Jabar Toll ini. Tol Sisumadavu akan selesai pada awal tahun 2022 karena masih terkendala kendala pembebasan lahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *