Media Vietnam Sebut Maarten Paes Lengkapi Skuad All-Star Naturalisasi di Timnas Indonesia

MEDIA asal Vietnam, Tin The Thao menilai Maarten Paes merupakan pemain terbaru yang melengkapi skuad naturalisasi All-Star timnas Indonesia. Karena hingga saat ini masih banyak pemain-pemain lawas dari berbagai lini yang mengisi skuad Garuda, Paes pun melengkapinya dengan berposisi sebagai penjaga gawang.

Perlu diketahui, Paes sebenarnya sudah dinaturalisasi dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) mulai April 2024. Namun, ia belum bisa langsung memperkuat Timnas Indonesia karena ada kendala terkait transfer federasi dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB). . kepada Federasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Peraturan FIFA menyatakan bahwa seorang pemain hanya dapat pindah ke federasi sepak bola nasional lain jika ia belum pernah bermain untuk tim mana pun, atau jika ia belum pernah bermain untuk tim yunior dari kewarganegaraan aslinya yang terdaftar ketika ia berusia di bawah 21 tahun.

Soalnya, Maarten Paes membela Timnas U-21 Belanda pada kualifikasi Eropa U-21 2022. Saat itu usianya sudah menginjak 22 tahun. Artinya, kiper kelahiran 1998 itu melanggar aturan FIFA soal pergantian federasi.

PSSI kemudian mengajukan keluhan ke FIFA dengan mengatakan bahwa pertandingan terakhir Paes untuk Belanda U-21 (5 November 2020) seharusnya terjadi pada bulan Maret, yang saat itu sang kiper masih berusia 21 tahun. Pertandingan tersebut sempat ditunda selama 8 bulan akibat wabah Covid yang mengakibatkan kiper FC Dallas tersebut harus bermain saat usianya masih 22 tahun.

Banding diajukan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan pada Minggu 18 Agustus 2024, PSSI mengumumkan banding mereka dimenangkan sehingga Paes akhirnya bisa memperkuat timnas Indonesia. Kabar tersebut juga sampai ke negara tetangga, seperti Vietnam.

Menurut media Vietnam Tin The Thao, kehadiran Paes membuat tim Indonesia semakin berbahaya. Selain itu, Paes dinilai melengkapi skuad naturalisasi seluruh bintang di skuad Garuda.

“Dia (Paes) adalah bagian yang hilang dalam skuad all-star naturalisasi Timnas Indonesia yang bertujuan untuk bersaing memperebutkan tiket ke putaran final Piala Dunia 2026,” demikian bunyi pernyataan media Vietnam, Tin The Thao, Senin ( 19) . /8/). 2024).

Perlu diketahui, Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Garuda juga tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, China, dan Bahrain.

Terdekat, Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Arab Saudi pada 6 September 2024. Paes tentunya bisa bermain di laga penting tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *