Harta Kekayaan Prajogo Pangestu Melejit Jadi Rp855,3 Triliun

JAKARTA – Kekayaan Prazogo Pangeshttu kian meroket hari ini. Aset meningkat 2,18% atau setara dengan sekitar USD 1,2 miliar atau Rp 18,1 triliun (kurs Rp 15.138 per AS).

Dengan demikian, kekayaannya mencapai setara 56,5 miliar USD atau Rp 855,3 triliun. Informasi ini dilansir Forbes.

Prazogo Pangestu mengalahkan tawaran miliarder seperti Hartono Brothers dan Low Tak Kwong. Dengan demikian, Prazogo Pangestu saat ini menjadi orang terkaya di Indonesia dan menduduki peringkat ke-26 dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes tahun 2024.

Prazogo diketahui memulai perdagangan kayu pada akhir tahun 1970-an. Putra seorang saudagar karet ini kemudian mendirikan usahanya di Barito Pacific dan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1993.

Mengembangkan bisnisnya, pada tahun 2007 Barito mengakuisisi 70% perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga merupakan emiten BEI.

Kemudian pada tahun 2011, Chandra Asri bergabung dengan Tri Polita Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

Thioil mengakuisisi 15% saham Chandra Asri pada Juli 2021.

Setelah listing di bursa. Perusahaan pertambangan batu baranya, Petrindo Jaya Cresi, Prazogo mencatatkan anak perusahaannya di bidang energi terbarukan, Barito Renewable Energy, pada Maret 2023, enam bulan kemudian pada Oktober 2023.

Saat ini saham BREN atau Barito Renewables Energy dibanderol Rp 6.900-7.000. Dalam bisnis saat ini, harga saham juga mengalami penurunan.

Prajogo Pangestu atau lebih dikenal dengan nama Fang Jom Fen lahir pada tahun 1944 di Sungai Betung, Kalimantan Barat. Pendidikannya hanya sampai SMA.

Namun, pada tahun 1960, tekadnya membawanya merantau ke Jakarta dengan harapan mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik.

Perjalanan ke Jakarta tidak berjalan sesuai harapan. Prazogo gagal dan harus kembali ke kampung halamannya. Tak menyerah, ia memilih menjadi sopir angkutan umum untuk mencari nafkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *