Kronologi Laga Aceh vs Sulteng di Perempatfinal Sepakbola Putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 Sempat Ditunda Gara-Gara Wasit Kontroversial Dipukul Pemain

Jadwal pertandingan Aceh vs Sulawesi Tengah pada turnamen sepak bola putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 ditunda karena wasit kontroversial Eko Agus Sugiharto dipukul oleh para pemain dan akan diulas dalam artikel kali ini. Pertandingan dikirim ke semifinal.

Ya, kejadian itu berujung pada laga Aceh vs Sulawesi Tengah pada babak semifinal sepak bola putra PON XXI Aceh-Sumut 2024. Laga tersebut digelar di Stadion Dimurthala, Banda Aceh pada Sabtu 14 September 2024 WIB malam.

Pertandingan berlangsung dengan tensi tinggi menjelang akhir akibat keputusan yang beberapa kali disengketakan oleh Hakim Eko Agus Sugiharto. Akibat perbuatannya, Eko Agus Sugiharto dihajar pemain tim sepak bola putra Sulawesi Tengah, Muhammad Rizki di lapangan.

Memang benar, tim sepak bola putra Sulawesi Tengah tampil baik di turnamen ini. Mereka kemudian unggul 1-0 berkat gol Wahyu Alman Poru pada menit ke-25.

Kemudian hujan kartu sepanjang permainan. Pada menit ke-74, wasit Eko Agus Sugiharto memberikan kartu merah kepada pemain Sulawesi Tengah Wahyu Alman.

Pasalnya Wahyu Alman dinilai mengangkat kaki terlalu tinggi saat hendak melempar bola. Kakinya nyaris mengenai kepala pemain Aceh itu.

Pertandingan mulai memanas pada menit ke-85. Pasalnya, saat itu wasit di lapangan kembali mengeluarkan kartu merah kepada tim sepak bola Sulawesi Tengah. Kali ini Moh Akbar mendapat kartu merah. Sontak, keputusan Eko Agus Sugiharto langsung menuai protes.

Kemudian Eko Agus Sugiharto kembali mengeluarkan keputusan kontroversial. Ia kebobolan lebih banyak waktu di babak kedua hingga menit ke-13 saat tim sepak bola Sulawesi Tengah masih bertahan.

Pada menit ke-90+7 wasit memutuskan memberikan hadiah penalti kepada tim sepak bola putra Aceh. Keputusan ini menjadi sorotan besar karena sepakan gelandang Sulawesi terlihat bersih di kotak penalti.

Beberapa keputusan kontroversial Eko Agus Sugiharto pun sontak menjadi pusat perhatian dan menuai protes keras. Diyakini bahwa dia membuat keputusan yang bias.

Akibat kondisi tersebut, Eko Agus Sugiharto dihajar di lapangan. Ia ditabrak pemain tim sepak bola Sulawesi Tengah, Muhammad Rizki, hingga terjatuh ke tanah. Eko Agus Sugiharto pingsan dan dibawa keluar stadion untuk mendapat perawatan medis.

Bahkan, ambulans masuk ke lapangan untuk membawa Eko ke rumah sakit. Kemudian wasit pengganti masuk dan pertandingan dilanjutkan. Kompetisi juga telah ditunda.

Lalu akhirnya pertandingan dilanjutkan kembali, dimana pemain Aceh tersebut mendapat hadiah penalti. Namun penalti tidak bisa diubah menjadi gol.

Tim sepak bola Sulawesi Tengah terpaksa bermain hanya dengan 8 pemain karena Muhammad Rizki mendapat kartu merah. Tak lama kemudian, Aceh kembali mendapat hukuman karena pemain asal Sulawesi Tengah itu dituduh melakukan handball. Kali ini tendangan penalti Ahmad Juanda berbuah gol dan skor berubah menjadi 1-1.

Skor tetap imbang di akhir musim yang berarti semifinal ini harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Namun klub sepak bola Sulawesi Tengah memutuskan mundur yakni. WO. Hasilnya, Aceh akan lolos ke babak semifinal.

Eko Agus Sugiharto sendiri dikabarkan masuk ruang gawat darurat (IGD) usai ditabrak pemain asal Sulawesi Tengah. Dalam foto yang dibagikan di media sosial, Eko Agus Sugiharto terlihat terbaring di ranjang rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *